2.277 Orang Ikut Ujian Seleksi Guru PPPK untuk Kota Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 17:55 WIB
Seleksi PPPK Guru 2021
Ilustrasi seleksi PPPK Guru (Tim Infografis detikcom)
Medan -

Pemerintah Kota Medan saat ini kekurangan tenaga kependidikan. Pemko Medan pun membuka seleksi penerimaan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Hari ini adalah hari kedua pelaksanaan ujian PPPK untuk Kota Medan. Jumlah peserta kita seluruhnya yang ikut PPPK untuk Kota Medan ini adalah 2.277 terbagi tiga lokasi," Kata Kadis Pendidikan Kota Medan Adlan di SMKN 9 Jalan Patriot, Selasa (14/9/2021).

Adlan menyebut ujian itu digelar di SMKN 2, SMKN 9, dan SMKN 10 selama 4 hari.

"Untuk di SMKN 9 jumlah peserta sebanyak 800 orang. Dibagi kepada 4 hari mulai Senin hingga Kamis. Jadi setiap harinya peserta ujian di lokasi ini 200 orang, setiap sesinya 100 orang," ucap Adlan.

Adlan mengaku saat ini Kota Medan membutuhkan tenaga guru. Dia berharap peserta yang mengikuti ujian dapat lulus seluruhnya.

"Kalau sekarang sangat banyak kita membutuhkan tenaga guru, tapi nanti dari hasil ujian PPPK ini, ini kan akan kita lihat passing grade dari Kemendikbud. Kita berharap kepada seluruh peserta kalau bisa ya lulus semua, karena kebutuhan tenaga guru di Medan ini masih sangat dibutuhkan, masih banyak kurang guru. Guru pada pensiun," ucap Adlan.

Adlan mengaku saat ini jumlah guru di Medan untuk negeri sekitar 5 ribu, tapi ada juga yang sudah pensiun.

"Kalau guru di Kota Medan saat ini untuk negerinya aja sekitar 5 ribu tapi banyak yang sudah pensiun. Karena tenaga pendidik terus banyak yang pensiun. Setiap tahunnya, kita berharap ada penambahannya ya dari jalur PPPK," sebut Adlan.

Selain itu, Disdik Medan juga mencatat bahwa guru yang telah divaksin COVID-19 dosis kedua mencapai 86 persen. Sementara bagi peserta didik, yang sudah divaksin sebanyak seribuan orang.

"Total guru swasta dan negeri di Medan mencapai 20 ribu. 86 persen di antaranya sudah divaksin dosis kedua, kalau disuruh belajar tatap muka sebenarnya kita sudah siap," ucap Adlan.

(jbr/jbr)