Heboh Ibu-ibu Joget di Kapal Wisata di Makassar, Pengelola: Kelalaian Tamu

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 16:39 WIB
Tangkapan layar ibu-ibu di Makassar berjoget ria-tak bermasker di kapal wisata. (dok. Istimewa)
Tangkapan layar ibu-ibu di Makassar berjoget ria-tak bermasker di kapal wisata. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Pengelola kapal wisata pinisi di Kota Makassar angkat bicara soal heboh ibu-ibu berjoget-ria hingga tidak memakai masker. Pengelola menyebut aksi joget itu dipicu kelalaian tamu kapal wisata.

"Bahwa kondisi itu kelalaian pada tamu kami," ucap Pengelola Pinisi Achmad Zulkarnaen Zaenal saat menyampaikan klarifikasi tertulis kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Zulkarnaen mengatakan pihaknya sebagai pengelola kapal pinisi sebenarnya sudah menerapkan prokes secara ketat. Pengelola juga sudah mengedukasi ibu-ibu yang menjadi tamu di kapal wisata pinisi pada saat itu.

"Jadi kami sudah melakukan prokes yang ketat, sebelum naik (tamu) kita edukasi COVID terlebih dahulu, setiap 25 menit kita menyampaikan untuk mengingatkan tetap menjaga prokes selama berada di pinisi," ucap Zulkarnaen.

Karena adanya edukasi itulah pengelola menuding para tamu pinisi lalai. Aksi joget-ria tak bermasker tersebut juga diklaim di luar rencana alias tak diduga sebelumnya oleh pengelola.

"Dikarenakan selesai makan dan spontanitas melakukan gerakan mengikuti irama musik ketika perjalanan pulang dan hendak sampai di Dermaga," ungkap Zulkarnaen.

Dia juga menyebut kapasitas kapal pinisi yang berlayar di pulau-pulau di Makassar pada Jumat (10/9) lalu tersebut sebenarnya mencapai 70 orang. Namun dia mengklaim bahwa jumlah tamu yang naik jauh dari kapasitas maksimal.

"Kapal maksimalnya 70 orang. Namun kita hanya membatasi sampai 25 orang setiap perjalanan edukasi sambil menikmati sunset di Kota Makassar," katanya.

Diberitakan sebelumnya, aksi sekelompok ibu-ibu berjoget-ria hingga tidak memakai masker di sebuah kapal wisata tersebut sebelumnya viral di media sosial (medsos).
Padahal di Makassar saat ini masih ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Dari video yang beredar, tampak pesta tersebut diadakan di sebuah kapal wisata. Di dalam foto itu, terlihat ibu-ibu menari sambil mengelilingi sebuah meja dan diiringi sebuah lagu. Dari video itu juga terlihat beberapa di antaranya tidak mengenakan masker.

Pada video ini juga diperlihatkan adanya kembang api dan ucapan selamat ulang tahun yang diduga ditujukan kepada pembuat acara tersebut. Tidak hanya di lantai 1, para tamu undangan ini juga menari di atas lantai dua kapal.

(hmw/nvl)