Pimpinan DPR: Yang Diungkap Krisdayanti Uang Reses dan Dapil, Bukan Gaji

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 16:27 WIB
Sufmi Dasco Ahmad, gerindra
Sufmi Dasco Ahmad (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan klarifikasi berkaitan dengan besaran gaji hingga ratusan juta rupiah yang sempat dibeberkan oleh anggota DPR RI sekaligus diva, Krisdayanti (KD). Dasco menegaskan anggota DPR tidak memakai uang reses dan uang kunjungan dapil untuk keperluan pribadi.

"Ini yang perlu saya klarifikasi, yang dimaksud gaji kan take home pay, sementara yang disampaikan Krisdayanti itu termasuk uang reses dan uang kunjungan dapil," kata Dasco saat dihubungi, Selasa (14/9/2021).

Dasco menjelaskan uang reses dan uang kunjungan dapil digunakan untuk kepentingan kegiatan di dapil dan dalam rangka menyapa konstituen. Menurutnya, uang tersebut digunakan anggota Dewan untuk program-program bagi konstituen.

"Uang reses dan uang kunjungan dapil adalah uang untuk kegiatan-kegiatan di dapil dalam rangka menyapa konstituen. Membuat program-program untuk konstituen dan kunjungan di dapil, jadi itu uangnya nggak ke kita," kata Dasco.

Dia menegaskan dana reses dan dana dapil tidak dimakan sendiri oleh anggota Dewan. Menurutnya, uang tersebut dimanfaatkan untuk menggaji tim di dapil, membuat kegiatan, hingga memberikan sembako terlebih saat pandemi saat ini.

"Uangnya itu untuk kegiatan di dapil, buat menggaji apa namanya tim di dapil, buat perjalanan, membuat kegiatan, seperti KD bilang kan selama COVID ya sembako kita kasih masker dan lain-lain dari uang itu, sehingga itu bukan keperluan kita pribadi, apalagi kemudian dimakan sendiri," ujarnya.

Lihat juga video 'KPK Ungkap Harta Pejabat Rata-rata Tambah Rp 1 M Selama Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.