Golkar Dengar Azis Syamsuddin Sedang Isolasi Mandiri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 16:16 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus suap yang melibatkan Walkot Tanjungbalai.
Azis Syamsuddin yang dikabarkan sedang menjalani isolasi mandiri. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Waketum Partai Golkar Azis Syamsuddin terlilit tiga perkara hukum di KPK. Partai Golkar mengungkapkan kondisi terkini Azis Syamsuddin.

"Jadi sekali lagi begini ya kita ini kan masyarakat yang taat hukum tentunya kita menjunjung asas praduga tidak bersalah, itu yang pertama," kata Ketua DPP Golkar, Adies Kadir, di kompleks parlemen, Selasa (14/9/2021).

Adies mengatakan Azis Syamsuddin kini sedang menjalani isolasi mandiri. Azis dikabarkan positif COVID-19.

"Terkait dengan kolega saya saat ini memang sedang melakukan isolasi, setahu saya menurut info yang kami dengar sedang melakukan isolasi mandiri," ujar Adies.

"Jadi terkait dengan hal yang lainnya tentunya kita akan melihat perkembangan belum ada, jadi kita menghormati lah hak-haknya beliau yang tentunya sama di mata hukum," sambungnya.

Adies memastikan Azis Syamsuddin hingga kini masih menjabat Waketum Partai Golkar. Azis, kata Adies, masih berkomunikasi dengan Partai Golkar.

"Ya komunikasi jalan terus saya saja masih kontak dengan beliau, tidak ada masalah karena beliau kan Waketum di Partai Golkar, kami masih berkomunikasi menanyakan beberapa hal-hal terkait dengan urusan-urusan partai," ucapnya.

Namun, Adies mengatakan Golkar tak mau berangan-angan soal jabatan Azis Syamsuddin di Golkar dan DPR RI jika status hukum tetap di KPK. Golkar, kata Adies, mengedepankan praduga tak bersalah.

"Jadi begini kami sekali lagi di Golkar kan tidak mau berandai-andai ya, tidak mau berandai-andai. kita tunggu saja. Jadi di mata Partai Golkar itu kan kita selalu menjunjung sesuai dengan asas yang berlaku. Selama masih belum berkekuatan hukum tetap, berarti yang berarti yang bersangkutan dan masih mempunyai hak hukum. Jadi kita lihat saja sampai saat ini yang pasti Bapak Azis Syamsuddin Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan masih sebagai Wakil Ketua DPR," imbuhnya.

Tonton video 'KPK Dalami Pihak Penyuap Eks Penyidik KPK, Termasuk Azis Syamsuddin':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)