7 Orang Diperiksa Kasus Kebakaran Lapas Tangerang: Kalapas-Kasi Keamanan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 12:56 WIB
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Handout/Bal/aww.
Lapas Kelas I Tangerang yang Terbakar (ANTARA FOTO)
Jakarta -

Polda Metro Jaya terus menyelidiki kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan 48 orang. Hari ini total ada tujuh saksi yang diperiksa polisi.

"Hari ini ada tujuh orang. Kemarin 25 orang orang sudah selesai diperiksa. (Hari ini) yang baru datang dua, Kalapas dan Kepala Tata Usaha dari Lapas Kelas I Tangerang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Polisi hingga kini masih menunggu kedatangan kelima orang saksi lainnya. Lima orang itu mulai dari Kabid Administrasi hingga Kasi Perawatan Lapas Kelas I Tangerang.

"Sekarang masih ada Kabid Administrasi, Kepala KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan), Kasubag Hukum, Kasi Keamanan, dan Kasi Perawatan. Ini lima yang masih kami tunggu masih ada waktu kami harapkan kehadiran," ungkap Yusri.

Terkait 25 orang yang diperiksa kemarin, Yusri menyebut puluhan orang itu masih berstatus saksi. Polisi kini masih mendalami tiap keterangan yang ada dan mengumpulkan alat bukti lainnya.

"Masih dalam pendalaman kami masih kumpulkan barang bukti semuanya. Kami masih butuhkan keterangan lain dan saksi-saksi ahli nanti kalau sudah lengkap kami gelar perkara untuk tentukan apakah ada tersangka dalam kasus ini," beber Yusri.

Terkait pemeriksaan tujuh saksi hari ini, Yusri menyebut pihaknya bakal menggali keterangan soal dugaan adanya kelalaian sesuai pasal yang disangkakan dari peristiwa kebakaran maut di Lapas Kelas I Tangerang.

"Tujuh orang ini diperiksa arahnya sama di Pasal 187 dan 188 KUHP juncto 359 KUHP untuk lihat apakah ada kelalaian pada saat terjadinya kebakaran tersebut," pungkas Yusri.

Lihat juga video 'Jenazah WNA Asal Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dikremasi':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/maa)