Peternak hingga Mahasiswa Ditangkap saat Bentang Poster untuk Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 07:57 WIB
jokowi ke blitar
Pria bawa poster untuk Jokowi di Blitar (Foto: Dok. warga)

Penangkapan Dikritik PKS

PKS mengkritik penangkapan mahasiswa saat membentangkan poster untuk Jokowi. Menurut PKS, mahasiswa harus dibebaskan bersuara.

"Posisi mahasiswa sebagai penjaga nurani bangsa kian kokoh dengan bersuara," kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera.

Mardani menyebut mahasiswa itu menyuarakan aspirasi dari banyak pihak. Penangkapan itu dapat mencoreng citra demokrasi di Tanah Air.

"Penangkapan ini justru kian membuat citra negara demokrasi kian tercoreng," ujarnya.

Stafsus Mensesneg Nilai Harusnya Kritik Hal Biasa

Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini, menegaskan Jokowi tak pernah tersinggung dengan kritik mahasiswa. Dia menyebut kritik menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan kebijakan.

"Harusnya biasa saja, Presiden tidak akan pernah merasa tersinggung atau baper sama kritik mahasiswa. Pasti aspirasi tersebut menjadi pertimbangan dan bahan pemikiran bagi pemerintah. Ini negara demokrasi," kata Faldo.

Terlepas dari itu, Faldo berbicara mengenai pertimbangan aparat dan upaya preventif. Faldo menyinggung kerumunan dan situasi pandemi COVID-19.

"Soal di lapangan, tentunya aparat keamanan sudah punya berbagai standar dalam pengamanan. Apalagi ini pandemi. Aparat tentu sudah punya berbagai perhitungan untuk melakukan tindakan preventif. Presiden datang saja sudah berpotensi besar mengakibatkan kerumunan, apalagi ditambah aksi demonstrasi," ujar Faldo.


(haf/aik)