Video 20Detik

Cerita Sopir Bus Vaksinasi Diperas Oknum Dishub Rp 500 Ribu

Ashri Fathan - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 13:25 WIB
Jakarta -

Sopir bus, Eko Saputro, diperas oknum petugas Dinas Perhubungan (Dishub) saat mengantar rombongan peserta vaksinasi dari Kampung Penas, Jakarta Timur menuju Sentra Vaksin di Sheraton Media Hotel, Jakarta Pusat pada Selasa (7/9) pagi. Eko pun menceritakan kejadian saat ia diberhentikan petugas Dishub di depan ITC Cempaka Mas.

Eko menyebut ada lima anggota Dishub DKI saat kejadian. Awalnya ia disetop 2 petugas Dishub DKI saat membawa rombongan warga yang akan mengikuti vaksinasi.

"Disetop petugas Dishub tersebut kurang-lebih yangnyetoppertama ada 2 orang, sudah berhenti saya jelaskan saya bawa rombongan warga miskin dari Kampung Penas, lalu panitia menyerahkan dokumen orang vaksin, mulai berlanjut ke surat perlengkapan mobil," kata Eko.

Petugas Dishub itu kemudian menilai surat-surat kendaraan yang dibawa meragukan. Petugas Dishub kemudian mengancam akan mengandangkan kendaraan Eko.

"Saya dimasukkan ke dalam mobil dinas Dishub ada Pak Susanto sama S Gunawan, nah yang tiga orang itu saya nggak kenal. Nah terus itu mulai dari angka transaksi, si Pak Susanto itu dia bilang 'itu komandan bilangnya minta 500', Pak Susanto dapat izin dari Gunawan katanya dari komandan, komandannya Gunawan. Supaya mobil nggak ditarik saya disuruh bayar 500. Saya bilang 'nggak ada Pak, ituajamobil sewa murah, kalau mobil diambil tinggal satu satunya dipool.Akhirnya saya bilang ada uang sedikit lagi jadi 300 dia nggak mau, terustetepkatanya minta 500, saya kasih seratus lagi nggak bisa,tetep500," tandas Eko.

(aro/aro)