Polisi Putar Balik Mobil Pelat Genap di Gage Sudirman Agar Tak Kena e-TLE

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 09:24 WIB
Jalan Sudirman, Jakarta (Dias/detikcom).
Foto: Jalan Sudirman, Jakarta (Dias/detikcom).
Jakarta -

Kebijakan ganjil genap (gage) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat (Jakpus) masih berlaku. Sejumlah kendaraan mobil pelat genap diputar balik petugas pagi ini.

Pantauan detikcom, Senin (13/9/2021), sejak pukul 08.14 WIB, petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP, dan dishub berjaga di mulut kawasan Jl Sudirman, yakni Bundaran Senayan, Jakarta Selatan. Mereka memantau pelat mobil genap mengingat angka tanggal hari ini ganjil.

Sejumlah mobil pelat genap terlihat diputar balik petugas. Mereka yang datang dari Jl Pattimura arah Blok M dan Jl Sisingamangaraja arah Pakubuwono dialihkan ke Jl Hang Lekir.

Salah satu pemobil pelat genap yang diputar balik petugas tampak bingung. Polisi mengingatkan penerapan ganjil genap di Jl Sudirman supaya pemobil itu tidak kena tilang oleh kamera e-TLE.

"Ganjil genap, Pak. Nanti malah kena e-TLE," ujar salah satu polisi.

Tidak banyak mobil pelat genap yang diputar balik oleh petugas. Sejauh ini, tidak ada pemobil yang diputar balik yang ditilang polisi di lokasi.

Kemudian, untuk pesepeda, mereka diperbolehkan melintas oleh petugas. Para pesepeda tampak melintas ke Jl Sudirman dari Bundaran Senayan dengan bebas.

Adapun kondisi arus lalu lintas di lokasi ramai lancar. Motor dan mobil listik diperbolehkan melintas menuju Jl Sudirman.

Diketahui, penerapan gage diterapkan polisi di 3 titik di DKI Jakarta. Gage diterapkan mulai pukul 06.00-20.00 WIB.

Polisi juga telah melakukan uji coba bagi warga yang bersepeda ke kantor (bike to work) untuk melintas di kawasan Sudirman-Thamrin. Kini, polisi memutuskan kegiatan bike to work di Sudirman-Thamrin telah resmi diizinkan kembali di tengah aturan PPKM level 3 di Jakarta.

"Sudah dilanjutkan sampai seterusnya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Sabtu (11/9).

Simak juga 'Gage Sudirman Berlaku Akhir Pekan, Pesepeda Diarahkan Ke Jalur Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)