Pengacara Luhut: Haris Azhar Tak Minta Maaf, Kami Akan Tempuh Jalur Hukum

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 15:02 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat menjalani wawancara dengan detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Luhut Pandjaitan (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mensomasi Haris Azhar dari Lokataru dan Fatia Maulidiyanti dari KontraS gara-gara muatan tayangan kanal YouTube Haris Azhar. Somasi dinilai tidak direspons dengan baik oleh Haris dan Fatia.

"Jawaban somasi belum sesuai dengan substansi yang kami inginkan, yakni meminta maaf dan tidak mengulangi perbuatan mereka," kata pengacara Luhut, Juniver Girsang, kepada wartawan, Sabtu (11/9/2021).

Surat jawaban somasi dari Haris dan Fatia diterima Juniver pada Rabu (8/9). Pihak Luhut merasa jawaban itu belum sesuai harapan.

"Dengan isi somasi, karena niat baik dan penghargaan yang sudah kami ajukan belum direspons secara baik dan benar, tentu kami akan mencari keadilan dan kepastian hukum melalui proses hukum juga," kata Juniver.

Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) mendukung penuh langkah Presiden lewat penertiban Perppu Ormas.Juniver Girsang (Foto: dok. Istimewa)

Kepastian mengenai proses hukum akan dirembuk dengan Luhut terlebih dahulu pada pekan ini. Opsinya, pihak Luhut akan memberi kesempatan kembali kepada Haris dan Fatia untuk memperbaiki jawaban somasi atau pihak Luhut akan menggugat secara hukum dan melaporkan ke polisi.

"Untuk itu, kami akan segera mendiskusikan kepada klien. Minggu depan kami akan diskusi lebih lanjut, apakah kita segera buat laporan dan tidak menutup kemungkinan gugatan perdata, karena pencemaran itu sudah mencederai nama baik kehormatan klien kami dan keluarganya," kata Juniver.

Keterangan Haris dan Fatia sebelumnya:

Tonton juga Video: Haris Azhar: Negara Harus Lebih Rajin Lindungi Kebebasan

[Gambas:Video 20detik]