500 Ribu Vaksin Janssen Datang di RI! Dosis Sekali Suntik

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 11:05 WIB
Petugas kargo membongkar muat vaksin COVID-19 AstraZeneca di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 500 ribu dosis vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia yang merupakan dose sharing dari Pemerintah Australia. ANTARA FOTO/FAUZAN/rwa.
Ilustrasi. Kedatangan vaksin COVID-19 di bandara. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta -

Vaksin Janssen tiba di Indonesia untuk mengatasi pandemi COVID-19. Tidak seperti vaksin yang sudah lebih dulu tiba di Indonesia yang perlu dua kali suntik, vaksin Janssen cuma perlu sekali suntik.

Vaksin Janssen (Johnson & Johnson) dalam bentuk jadi ini adalah pemberian Belanda, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (11/9/2021) pagi.

Di samping vaksin Janssen, tiba pula vaksin Sinovac dalam bentuk jadi dengan jumlah 2.075.000 dosis. Ini adalah kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-56.

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menyatakan vaksin Janssen yang tiba ini berjumlah 500 ribu dosis. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menjelaskan vaksin Janssen sudah mendapat izin penggunaan darurat.

"Vaksin Janssen telah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan POM pada 7 September lalu, akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal 0,5 mililiter intramuskular," kata Dante dalam keterangan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Duta besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns, menjelaskan pengiriman ini terdiri atas 500 ribu vaksin Janssen. Namun selanjutnya akan ada lagi pengiriman vaksin Janssen. Total vaksin yang disumbangkan sebanyak 3 juta dosis.

"Vaksin Janssen hanya membutuhkan satu kali suntikan, membuatnya menjadi vaksin yang efektif untuk menjangkau orang di daerah terpencil. Penerima vaksin hanya perlu melakukan satu kali perjalanan," kata Lambert Grijns.

Lihat juga Video: 358.700 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis Mendarat di RI

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)