TP PKK Pusat Salurkan 10 Ribu Paket Sembako-Sosialisasikan Prokes 5M

Eqqi Syahputra - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 23:28 WIB
TP PKK
Foto: TP PKK
Jakarta -

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat, aktif terlibat membantu pemerintah mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi COVID-19. Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian menegaskan TP PKK Pusat juga terus berupaya mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan 5M, serta mengedukasi ibu hamil dan anak berusia 12 tahun agar mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Selama PPKM, medio Agustus-September 2021, TP PKK Pusat telah menyalurkan 10 ribu paket sembako di sejumlah daerah di Indonesia," ungkap Tri dalam keterangan tertulis, Jumat (10/9/2021).

Tri menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak pandemi COVID-19. Bantuan itu disalurkan ke beberapa daerah dengan jumlah yang beragam, seperti ke Palembang sebanyak 4 ribu paket sembako, 2 ribu paket ke Anyer, Bogor, dan Jabodetabek. Kemudian sebanyak 2 ribu paket sembako disalurkan ke Kabupaten Sukabumi dan 2 ribu paket lainnya ke Kota Sukabumi.

"Pandemi COVID-19 berdampak terhadap penurunan perekonomian masyarakat. Dibutuhkan gotong royong untuk saling bahu membahu dengan kepedulian sosial. Untuk itu, TP PKK Pusat hadir kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama ibu hamil, bayi, lansia dan disabilitas," tambah Tri.

Keterlibatan PKK dalam penanganan pandemi COVID-19 sesuai dengan Rencana Induk dan Strategi Gerakan PKK tahun 2021-2024 yang disusun dalam Rakernas TP PKK, yang digelar pada 8-10 Maret 2021 lalu. Tri menambahkan, penanganan pandemi COVID-19, penurunan angka stunting, dan penguatan ekonomi masyarakat menjadi isu utama dalam gerakan besar yang akan diimplementasikan melalui 10 program pokok PKK ke depan.

PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang programnya menyentuh hingga lingkungan keluarga, diharapkan mampu berperan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu, organisasi pemberdayaan masyarakat ini juga diharapkan berpartisipasi mensosialisasikan vaksin aman dan halal kepada masyarakat.

(akn/ega)