ADVERTISEMENT

Cara Masuk ke Aplikasi Pedulilindungi, Sudah Tahu?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 09:45 WIB
Cara Masuk ke Aplikasi Pedulilindungi, Sudah Tahu?
Cara Masuk ke Aplikasi Pedulilindungi, Sudah Tahu? -- ilustrasi (Foto: Dok ITDC)
Jakarta -

Cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi perlu diketahui saat ini. Aplikasi ini pun kini tak bisa terlepaskan dari kegiatan masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Aplikasi ini dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 di masa pandemi. Selain terintegrasi langsung dengan sertifikat vaksin COVID-19 secara digital, riwayat kontak dapat diidentifikasi aplikasi PeduliLindungi. Riwayat perjalanan serta hasil tes PCR atau antigen juga akan otomatis dimuat.

Di masa PPKM, masyarakat yang telah divaksin minimal satu dosis vaksin diizinkan untuk mengakses layanan publik. Dari menggunakan transportasi umum hingga memasuki pusat perbelanjaan atau mal.

Lalu bagaimana sih cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi? detikcom merangkumkan langkah mudahnya berikut ini.

Cara Masuk ke Aplikasi Pedulilindungi

Layanan aplikasi PeduliLindungi tersedia di App Store maupun Play Store. Ini akan memudahkan para pengguna smartphone untuk melakukan proses Check-In/Check-Out lokasi yang mensyaratkan sertifikat vaksin. Berikut cara masuk aplikasi PeduliLindungi yang mudah, dilansir dari Instagram resminya:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi yang tersedia di smartphone
  2. Setelah di-download, kamu akan diarahkan untuk masuk ke akun PeduliLindungi dengan mengisi nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan.
  3. Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  4. Isilah identitas diri, alamat NIK serta alamat email untuk melengkapi data diri
  5. Kemudian PeduliLindungi akan meminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat segera menghubungi jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan yang terinfeksi COVID-19

Setelah tahu cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi, masyarakat perlu tahu juga cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk berbagai aktivitas publik. Mau ke mal hingga naik MRT? Simak caranya di halaman berikutnya ya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT