Hari Radio Nasional 2021, Simak Sejarahnya Diperingati 11 September

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 09:42 WIB
Hari Radio Nasional 2021, Simak Sejarahnya Diperingati di 11 September
Hari Radio Nasional 2021, Simak Sejarahnya Diperingati di 11 September (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Hari Radio Nasional 2021 diperingati pada 11 September. Hari Radio Nasional juga merupakan hari lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI).

Lalu bagaimana Hari Radio Nasional ini bisa ditetapkan? Berikut ini sejarah singkatnya seperti dikutip dari situs KPI:

Hari Radio Nasional 2021: Berawal di Tahun 1945

Jika berbicara mengenai sejarah Hari Radio Nasional, hal ini tidak dapat dipisahkan dengan sejarah RRI. RRI dibentuk pada saat sebulan setelah radio siaran milik pemerintah Jepang yang bernama Hoso Kyoku dihentikan, tepatnya 19 Agustus 1945.

Pada waktu itu, masyarakat Indonesia tidak tahu harus mendapatkan informasi dari mana setelah Indonesia merdeka. Kondisi saat itu semakin tidak karuan karena banyak radio luar negeri yang menyiarkan bahwa tentara Inggris (sekutu) akan menduduki pulau Jawa dan Sumatera.

Hari Radio Nasional 2021: Pentingnya Radio Usai Indonesia Merdeka

Melihat situasi tersebut, banyak orang Indonesia yang sebelumnya aktif di radio saat masa penjajahan Jepang menyadari bahwa radio adalah alat yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia untuk menyebarluaskan informasi, dan dibutuhkan pula oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi terkini dan apa saja yang harus mereka lakukan.

Kemudian, sebanyak 8 delegasi Indonesia yang sebelumnya tergabung di radio siaran Hosu Kyoku menggelar pertemuan bersama pemerintah Indonesia di Jakarta, 8 orang tersebut di antaranya adalah Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto, dan Maladi.

Hari Radio Nasional 2021: Pembentukan Radio

Tepat tanggal 11 September 1945 pukul 17.00, 8 orang delegasi berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon. Abdulrahman Saleh yang saat itu menjadi ketua delegasi membuat rencana besar, yaitu secepat mungkin membentuk sebuah radio siaran.

Hal ini dikarenakan radio adalah medium komunikasi yang efektif untuk menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat. Para delegasi radio yang lain memberi saran kepada pemerintah untuk menuntut Jepang agar delegasi Indonesia dapat menggunakan studio dan pemancar-pemancar radio Hoso Kyoku.

Namun dalam perjalanannya, ada hambatan dalam pembentukan radio. Simak sejarah Hari Radio Nasional 2021 selanjutnya di halaman berikutnya.