Aturan PPKM Level 2 Terbaru di Jawa Bali hingga Daftar Daerahnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 17:44 WIB
Aturan PPKM Level 2 Terbaru di Jawa Bali hingga Daftar Daerahnya
Aturan PPKM Level 2 Terbaru di Jawa Bali hingga Daftar Daerahnya (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Aturan PPKM level 2 perlu diketahui oleh warga di daerah berstatus PPKM level 2. Apa saja perbedaan aturan PPKM level 2 dengan level lainnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Aturan PPKM Level 2: Kompetisi Sepak Bola Boleh Digelar

Dalam aturan PPKM level 2, kompetisi sepakbola Liga 1 boleh dilaksanakan. Namun, setiap minggunya pertandingan boleh diselenggarakan sebanyak sembilan kali.

Merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 39/2021, aturan yang disiapkan untuk pertandingan sepakbola ialah:

  1. Pemain, ofisial, kru media maupun staf pendukung harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menskrining orang yang keluar-masuk tempat kompetisi.
  2. Penonton tidak boleh datang ke stadion untuk melihat pertandingan
  3. Tidak ada suporter
  4. Pemain hingga staf pendukung yang hadir dalam kompetisi harus sudah divaksinasi dosis kedua
  5. Melampirkan hasil PCR maksimal H-1 pertandingan, dan hasil antigen dibawa saat hari pertandingan
  6. Kompetisi Liga 1 harus mengikuti protokol kesehatan

Aturan PPKM Level 2: Mal-Pasar Tradisional Buka Lebih Lama

Aturan PPKM level 2 selanjutnya adalah mall hingga pasar tradisional beroperasi lebih lama, yakni sampai pukul 21.00 WIB. Adapun kapasitas pengunjung maksimal sebanyak 50 persen.

Namun, mulai 14 September mendatang, baik hipermarket maupun supermarket harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini berlaku sejak aturan PPKM level 2 tertuang dalam Inmendagri 39/2021.

Aturan PPKM Level 2: Aturan Dine In

Aturan kegiatan makan dan minum di tempat umum di daerah PPKM level 2 dibatasi oleh aturan. Kapasitas maksimum 50 persen dan waktu makan 60 menit.

Para pengunjung yang dine in harus menerapkan prokes ketat. Restoran hingga kafe wajib melakukan skrining pengunjung dengan aplikasi PeduliLindungi.

Setelah mengetahui aturan PPKM level 2, daftar daerah di Indonesia yang menerapkan PPKM level 2 dapat disimak di halaman berikutnya.