PPP Sudah Ucapkan HUT Demokrat Via Medsos: Tak Mesti Video

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 16:16 WIB
Anggota MPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi, menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR RI dengan Tema Potensi Golput di Pemilu 2019 di Media Center MPR/DPR RI, Jakarta, Senin (18/2/2019).
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Lamhot/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek memastikan pihaknya sudah mengucapkan selamat atas hari jadi Partai Demokrat ke-20. Namun dia menyebut ucapan tersebut memang tidak berupa video seperti yang dilakukan partai lainnya.

"Di akun medsos DPP sudah menyampaikan ucapan selamat HUT kepada Partai Demokrat pada 9 September. Ucapan itu kan tidak mesti video, tapi bisa melalui meme, media sosial, melalui WA, dan tidak mesti harus seremonial," kata Awiek saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

Awiek mengatakan hubungan PPP dengan Partai Demokrat juga baik-baik saja selama ini. Dia bahkan menyebut PPP banyak berkoalisi dengan Demokrat dan kerap berdiskusi di dalam fraksi.

"Hubungan PPP dengan Demokrat baik-baik saja, kedua partai banyak berkoalisi di sejumlah daerah. Selain itu, di parlemen sering berdiskusi antarpimpinan fraksi," ucapnya.

Ucapan Selamat HUT dari Partai di Parlemen

Untuk diketahui, Partai Demokrat (PD) merayakan hari jadi ke-20 kemarin. Berbagai elemen dari partai politik, pemerintah pusat, hingga daerah mengucapkan selamat ulang tahun.

Mulai Gerindra, PKS, bahkan NasDem, PAN, PKB, dan Golkar mengucapkan selamat lewat video. Namun PPP dan PDIP tidak terlihat dalam video cuplikan ucapan itu.

Sementara itu, ada juga partai nonparlemen yang turut mengucapkan, seperti PSI dan Partai Garuda. Lalu Dubes Singapura Anil Kumar dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir terlihat dalam video cuplikan.

Selain partai politik, beberapa kepala daerah mengirim ucapan, di antaranya Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Kemudian Gubernur Jabar Ridwan Kamil serta Gubernur Jatim Khofifah.

Beberapa pejabat pemerintah pun turut mengucapkan, seperti Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua MPR Bambang Soesatyo, serta Ketua PMI Jusuf Kalla.

Video ucapan itu ditutup oleh Presiden Joko Wiododo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin.

(maa/zap)