ADVERTISEMENT

PPKM Level 4 Jawa Timur Tak Ada Lagi, Ini Status Level Daerah di Jatim

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 16:14 WIB
PPKM Level 4 Jawa Timur Tak Ada Lagi, Ini Status Level Daerah di Jatim
PPKM Level 4 Jawa Timur Tak Ada Lagi, Ini Status Level Daerah di Jatim (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

PPKM level 4 Jawa Timur kini tidak ada lagi. Semua daerah di Jawa Timur disebut antara berstatus PPKM level 3, level 2 atau level 1.

Seperti diketahui, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali sejak 7 September-13 September 2021. Itu berarti PPKM di Jawa Timur juga diperpanjang hingga 13 September 2021. Jelang 13 September, pemerintah bakal kembali menyampaikan pengumuman soal PPKM.

Berikut informasi lengkap soal PPKM level 4 Jawa Timur tidak ada lagi:

PPKM Level 4 Jawa Timur Awalnya Sisa 2 Daerah

Mengacu Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 39/2021, PPKM level 4 di Jawa Timur sisa dua daerah. Keduanya adalah Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan. Jumlah ini nyaris berkurang dibandingkan Agustus lalu, di mana daerah yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa Timur ada 9 daerah.

PPKM Level 4 Jawa Timur Kini Sudah Tidak Ada Lagi

Kabar baik kemudian disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menyatakan saat ini tidak ada daerah di Jawa Timur yang menerapkan PPKM level 4.

Hal ini mengacu pada assessment situasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dalam assessment itu, tidak ada Kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa Timur. Assessment itu dirilis oleh Kemenkes pada Kamis (9/9) kemarin.

"Berdasarkan assesment situasi yang dirilis Kemenkes RI, alhamdulillah tidak ada lagi Kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 4. Terima kasih sinergi dan kekompakan dari semua pihak, termasuk Bupati/Wali Kota bersama Forkopimda se-Jatim, nakes dan sebagainya," ujar Khofifah, Jumat (10/9/2021).

Tercatat, ada 18 daerah di Jawa Timur yang menerapkan PPKM level 3, 19 daerah menerapkan PPKM level 2 dan 1 kabupaten yang menjalankan PPKM level 1. Daerah di Jawa Timur yang turun ke PPKM level 3 kerap bertambah.

Daftar Level PPKM Jawa Timur

Khofifah juga mengunggah daftar level PPKM Jawa Timur terbaru di tiap daerah. Ini daftarnya:

PPKM Level 3

  1. Tulungagung
  2. Trenggalek
  3. Ponorogo
  4. Pacitan
  5. Ngawi
  6. Mojokerto
  7. Malang
  8. Magetan
  9. Madiun
  10. Lumajang
  11. Kota Probolinggo
  12. Kota Mojokerto
  13. Kota Malang
  14. Kota Madiun
  15. Kota Kediri
  16. Kota Blitar
  17. Kota Bartu
  18. Blitar

Tak ada lagi PPKM Level 4 Jawa Timur, daftar daerah PPKM level 2 dan PPKM level 1 di Jawa Timur ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT