Ibu Cungkil Mata Anak demi Pesugihan Kerap Obati Warga Pakai Cara Tradisional

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 13:22 WIB
Seorang anak perempuan di Sulsel harus dilarikan ke RS. Korban dicungkil matanya oleh orang tuanya diduga sebagai syarat belajar ilmu hitam. (dok Istimewa)
Seorang anak perempuan di Sulsel harus dilarikan ke RS. Korban dicungkil matanya oleh orang tuanya diduga sebagai syarat belajar ilmu hitam. (Foto: dok. Istimewa)
Gowa -

Ibu yang mencungkil mata kanan putrinya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), HA (43), diungkap sering mengobati warga dengan cara tradisional. Pengobatan tradisional tersebut dilakukan dengan memberikan air yang sudah dibacakan mantra alias jampi-jampi.

"Masalahnya kan si pelaku ini mereka sering mengadakan pengobatan tradisional," ujar Sekretaris Camat Tinggimoncong Al Ahsar Achmad saat berbincang dengan detikcom, Jumat (10/9/2021).

Menurut Ahsar, kemampuan HA alias Acce melakukan pengobatan tradisional tersebut sudah diketahui oleh warga sekitar sehingga cukup banyak yang datang berobat.

"Misalnya ada orang sakit, katanya diobati (datang berobat). Entahlah, macam-macam juga orang kampung mengobati. Sepertinya begitu, orang cuma dijampi-jampi," ungkap Ahsar.

Ahsar mengatakan, dia selaku Sekretaris Camat dan Polsek Tinggimoncong hingga MUI Gowa sempat mendatangi rumah milik perempuan HA. Ditemukan ada banyak tumpukan tempurung kelapa yang diduga sebagai media pengobatan tradisional tersebut.

"Tempurung kelapa, itu kan dia pakai media (dijampi-jampi) airnya," ungkap Ahsar.

Rumpun Keluarga HA Kerap Berkumpul

Menurut Ahsar, HA kerap kumpul-kumpul di rumahnya hingga berjumlah sekitar 30 orang. Mereka yang datang berkumpul merupakan rumpun keluarga HA sendiri.

"Itu kan sering mereka kumpul-kumpul, itu keterangan kepala lingkungannya di situ," ucap Ahsar.

Ahsar mengatakan ada kecurigaan warga sekitar jika HA dan rumpun keluarganya itu kerap melakukan ritual saat kumpul-kumpul. Namun kecurigaan itu hanya sebatas dugaan awal yang perlu untuk dibuktikan lebih lanjut.

"Itu kan kita cuma curiga (kumpul-kumpul keluarga HA untuk keperluan ritual). Kita juga tak bisa memastikan. Kita tidak lihat dengan mata, ini cuma informasi juga dari kepala lingkungan sering kumpul-kumpul, entah ritual atau apa," katanya.

Ahsar juga mengatakan kecurigaan ritual itu memang perlu dibuktikan lebih lanjut. Sebab, ketika dia berkunjung ke rumah HA pada Kamis (9/9), tidak ditemukan bukti yang menguatkan.

"Kalau dalam rumah kita tidak dapat semacam sesajen, tidak, kita tidak peroleh itu," katanya.

Ibu Cungkil Mata Putrinya Berhalusinasi saat Cungkil Mata Korban

Sebelumnya, polisi mengungkap wanita HA adalah orang yang berperan mencungkil mata putrinya dengan jari tangannya. Saat beraksi, wanita HA sempat berhalusinasi bahwa di dalam tubuh korban ada penyakit sehingga perlu diobati.

"Pada saat diamankan, dia teriak-teriak seolah-olah katanya ada bisikan-bisikan, halusinasi, bahwa di dalam tubuh anaknya yang harus dikeluarkan dengan mencongkel mata," ungkap Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan dalam wawancara terpisah, Selasa (7/9).

Lihat juga video 'Bocah Korban Pesugihan Ortu Bakal Jalani Trauma Healing':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.