BAZNAS Gencarkan Program Kita Jaga Kyai & Vaksinasi di Pesantren

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 22:17 WIB
vaksinasi
Foto: Baznas
Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus menggencarkan program Kita Jaga Kyai ke sejumlah pesantren, madrasah, sekolah, lembaga pendidikan di Indonesia. Pada saat yang sama, BAZNAS juga melakukan vaksinasi kepada amilin, amilat yang merupakan para pegawai di Kantor Pusat BAZNAS di Jakarta.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan peluang mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity dan mempercepat capaian vaksinasi secara nasional," kata Pimpinan BAZNAS RI sekaligus Ketua Satgasnas COVID-19 BAZNAS RI, Saidah Sakwan dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Saidah menjelaskan BAZNAS terus berupaya melakukan pemerataan vaksinasi untuk santri di pesantren-pesantren yang tersebar di Indonesia. Di Jawa Barat, BAZNAS melakukan vaksinasi kepada 3.000 santri di tujuh titik pondok pesantren, yaitu Pondok Kebon Jambu Al Islami, Pesantren Asrama Assalafie, Asrama Assanusi, Asrama Tholibin, Asrama Mualimat, Asrama Mhs, dan MAN 2.

Selain itu, di Pesantren Persis 1-2, Bandung, Jawa Barat yang digelar pada Rabu (8/9) tercatat sebanyak 1.700 santri, ustaz, alumni, serta masyarakat sekitar yang menerima manfaat.

"Sebelumnya, BAZNAS juga telah memberikan vaksinasi kepada santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, pada 25, 27, dan 30 Agustus 2021 lalu. Kegiatan vaksinasi ini turut didukung dosis dari Polres Kediri dengan RS UNAIR Surabaya, dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 4.120 orang," tuturnya.

Masih di Jawa Timur, BAZNAS juga telah melakukan vaksinasi bagi santri di pondok pesantren Fathul 'Ulum Kwagean, Krenceng Kepuh, Kediri pada Sabtu (28/8). Dosis vaksinasi ini didukung oleh Polres Kediri dengan Dinkes Kab Kediri, dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 1.151 orang.

"Program vaksinasi untuk para santri ini pun masih terus berjalan," ujarnya.

Sedangkan di Provinsi Banten, BAZNAS menggelar program Kita Jaga Kyai, antara lain di Pondok Pesantren Jamiyyah Islamiyah, Jurangmangu, Kota Tangerang Selatan, pada Senin (6/9). Pada kegiatan vaksinasi dosis ke-1 di Pondok Pesantren Jamiyyah Islamiyah, Jurangmangu, Kota Tangerang Selatan, BAZNAS didukung oleh Polres Kota Tangsel sedangkan nakes dari pihak Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU).

"Total penerima manfaat vaksinasi di P-Care sebanyak 702 orang dengan rincian santri 591 orang dan masyarakat umum 111 orang," urainya lagi.

BAZNAS melalui Divisi SDM juga menggelar program vaksinasi yang diperuntukkan bagi amilin-amilat dan keluarga besar BAZNAS di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (9/9). Kegiatan vaksinasi kerja sama BAZNAS dengan Koramil 02 Matraman ini disambut antusias keluarga besar BAZNAS.

"Alhamdulillah program vaksinasi yang digelar oleh Divisi SDM BAZNAS RI ini mendapat antusias yang luar biasa dari keluarga amilin/amilat BAZNAS. Mudah-mudahan program vaksinasi ini dapat membantu pemerintah dalam pemerataan pemberian vaksin bagi masyarakat, sehingga tercapainya herd immunity," timpal Pimpinan BAZNAS RI, Kolonel Caj. (Purn) Nur Chamdani.

Pelaksanaan program vaksinasi tetap mengedepankan protokol kesehatan dan jaga jarak guna mengurangi penyebaran virus COVID-19. Sebagai informasi, program Kita Jaga Kyai pertama kali diluncurkan BAZNAS pada 2 Agustus 2021, sebagai upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19, khususnya di lingkungan pondok pesantren.

(mul/mpr)