Tegaskan Oposisi, AHY Minta Kritik PD Tak Dianggap Rusuhi Pemerintah

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 20:32 WIB
Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menggelar konferensi pers usai Kepengurusan KLB PD Moeldoko Ditolak
Foto: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan tujuan partainya selalu menyampaikan kritik karena ingin pemerintah sukses dan bangkit dari keterpurukan. AHY meminta agar kritik PD dianggap merusuhi pemerintah.

"Kita ingin pemerintah sukses, karena kalau pemerintah sukses maka rakyat juga akan selamat, dan negara juga bisa segera bangkit dari keterpurukan. Janganlah kemudian kita dianggap merusuhi upaya pemerintah tersebut," kata AHY, dalam pidatonya, di HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021).

AHY mengatakan partainya memang berada di luar pemerintah. AHY menegaskan kritik Demokrat untuk pemerintah bukan bentuk perlawanan.

"Kita memang berada di luar, tapi kita juga 'merah putih', karena kita ingin negara kita selamat. Kalau kita memberikan masukan, kritik yang konstruktif, janganlah dianggap sebagai sebuah bentuk perlawanan," ujarnya.

"Kita boleh memiliki satu tujuan, tetapi tidak juga harus memiliki keseragaman dalam pemikiran. Demokrasi membuka ruang untuk perbedaan pemikiran tersebut dan kami ingin terus konsisten menyuarakan aspirasi rakyat," lanjut AHY.

AHY mengatakan partainya akan terus menyuarakan aspirasi rakyat. Dia meminta semua kader Partai Demokrat konsisten memperjuangkan visi partai.

"Kita berkoalisi dengan akal sehat, dengan hati nurani dan juga pada akhirnya dengan suara rakyat yang sejatinya suara Tuhan. Mudah-mudahan Partai Demokrat dapat terus konsisten," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (MTP PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membeberkan kekuatan partainya meraih sukses di masa yang akan datang. Dia menilai proses yang telah dilalui selama 20 tahun PD berdiri sudah cukup kuat memperoleh keberhasilan sampai 20 tahun yang akan datang.

"Saya menilai, saya bisa menilai setelah menggagas berdirinya partai. Membina, memimpin, mengatasi masalah, hampir 20 tahun. Saya melihat dengan rasa syukur saat ini, bahwa kepemimpinan saat ini, baik ketua umum maupun pemimpin-pemimpin yang lain itu menjanjikan," papar SBY dalam pidatonya di acara HUT ke-20 PD, Kamis (9/9).

(eva/zak)