Kapan Sertifikat Vaksin Keluar Usai Disuntik? Simak Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Kapan Sertifikat Vaksin Keluar Usai Disuntik? Simak Penjelasannya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 14:59 WIB
Kapan Sertifikat Vaksin Keluar? Simak di Sini Penjelasannya
Kapan Sertifikat Vaksin Keluar? Simak di Sini Penjelasannya -- ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Foto: Dok ITDC)
Jakarta -

'Kapan sertifikat vaksin keluar' menjadi hal yang kerap ditanyakan masyarakat setelah menerima suntikan vaksin COVID-19. Terkadang sertifikat vaksinasi memang tak langsung muncul di laman PeduliLindungi.

Selain tak kunjung muncul, permasalahan terkait sertifikat vaksin COVID-19 juga terjadi lantaran kesalahan data yang terinput di laman aplikasi. Hal ini pun kerap membingungkan lantaran memang sangat dibutuhkan.

Diketahui sertifikat vaksinasi menjadi syarat berbagai kegiatan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Mulai akses untuk transportasi umum seperti KRL dan TransJakarta bahkan untuk masuk pusat perbelanjaan atau mal.

Sertifikat vaksinasi COVID-19 dapat dicek dan diunggah melalui website ataupun aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat yang telah divaksinasi bisa langsung memperlihatkan QR code dari aplikasi atau website saat memasuki tempat-tempat yang disyaratkan sertifikat vaksinasi.

Kata Kemenkes Soal Kapan Sertifikat Vaksin Keluar

Pertanyaan soal kapan sertifikat vaksin keluar pernah dijawab pihak juru bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi. Nadia mengatakan umumnya sertifikat vaksin akan muncul 7-10 hari setelah masyarakat menerima dosis vaksin COVID-19.

Jika hingga jangka waktu tersebut belum juga muncul, masyarakat diimbau melaporkan kendalanya melalui e-mail ke sertifikat@pedulilindungi.id.

Adapun format e-mail-nya meliputi:

  1. Nama lengkap
  2. NIK KTP
  3. Tempat tanggal lahir
  4. Nomor handphone
  5. Keluhan
  6. Foto KTP dan selfie serta dan foto kartu vaksinasi yang sudah diterima.

"Supaya bisa langsung diproses, user bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya," jelas Kemenkes RI.

Setelah pertanyaan 'kapan sertifikat vaksin keluar' terjawab, simak juga informasi kegunaan sertifikat vaksin untuk beraktivitas. Informasi tersebut bisa disimak di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT