detikcom Do Your Magic

Before-After Perbaikan Air PAM Mampet Gegara Proyek Got Pademangan Timur

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 14:27 WIB
Masalah air PAM di Pademangan Timur: Tuntas
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Selama tiga pekan, masyarakat di Pademangan Timur, Jakarta Utara, khususnya di Jl Pademangan III, tidak bisa menikmati air bersih karena jaringan PAM dirusak perbaikan got. Kini, setelah diperbaiki, akhirnya masyarakat bisa kembali menikmati aliran air bersih.

Sebelumnya, masyarakat mengeluh soal air bersih dari PAM yang tidak mengalir ke rumah-rumah. Berhentinya air mengalir dimulai sejak proyek pengerjaan gorong-gorong sehingga masyarakat menyebut bahwa ada keterkaitan antara pembangunan got dengan kerusakan air PAM.

Pada Selasa (30/8/2021), seorang warga RT 14 RW 02 mengeluhkan sulitnya akses air bersih karena pembangunan gorong-gorong. Disebutkan, kondisi PAM macet ini sudah berlangsung 10 hari. Masalah ini disampaikan warga melalui akun Twitter warga tersebut, @RulyBbn, dengan menandai akun @AetraJKT, @DKIJakarta, dan @WagubDKIJakarta. Aetra adalah perusahaan pengelola PAM di Jakarta Utara.

"@AetraJKT, @DKIJakarta , @WagubDKIJakarta Tolong Pak Wagub DKI di pantau kinerja dinas pelayanan air bersih buat warga Pademangan Timur RW. 02 RT. 014 yg sengsara krn air bersih sdh 10 hari tdk ada akibat pekerjaan gorong2 yg lama," demikian kicaunya, dikutip detikcom.

Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Kemudian, PAM Jaya langsung turun untuk mengecek dan memperbaiki jaringan pipa air. PAM Jaya menemukan kebocoran pipa air karena galian got.

"Iya (bocor). Ada beberapa pipa diameter di bawah 6 inci yang terkena pembersihan gorong-gorong," kata Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo saat dihubungi detikcom, Senin (6/9).

Seluruh perbaikan pun selesai dikerjakan. Kini, warga bisa kembali menikmati air bersih dari PAM.

Bagaimana kondisi before dan after, atau sebelum dan setelah perbaikan?

Tonton juga Peluang Bisnis Fried Chicken Gerobakan Rp 5 Juta

[Gambas:Video 20detik]