Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng Wajo, Harap Sulsel Jadi Lumbung Pangan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 12:43 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Paselloreng di Wajo, Sulsel. (dok. Istimewa)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Paselloreng di Wajo, Sulsel. (Dok. Istimewa)
Wajo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Paselloreng dan Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Jokowi berharap 2 bendungan itu dapat menjadikan Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

"Alhamdulillah Bendungan Pasallerong di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulsel yang dibangun tahun 2015, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi dalam sambutannya di Kabupaten Wajo, Sulsel, Kamis (9/9/2021).

Bendungan ini disebut menelan dana sebesar Rp 771 miliar dan juga dilengkapi dengan bendungan irigasi Gilireng yang akan bermanfaat untuk mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

"Kita tahu ketahanan pangan butuh suplai air dan air akan ada kalau kita memiliki sebanyak banyaknya bendungan sehingga bisa menyediakan suplai air secara continue dan berkelanjutan," sebut Jokowi.

Seusai peresmian Bendungan Paselloreng, Jokowi menyebut masih akan ada lagi penyelesaian bendungan-bendungan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan dan kita harapkan bendungan yang ada ini, ketahanan kangen kita bisa kita perkuat dan ditingkatkan," terangnya.

Daya tampung Bendungan Passeloreng ini sebesar 138 juta meter kubik dan mampu mengairi sebanyak 8.500 hektar sawah. Dengan kapasitas sebesar itu, bendungan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan, termasuk pada kesejahteraan petani.

Selain itu, kata Jokowi, bendungan ini memiliki ketahanan air sehingga bisa mereduksi terjadinya banjir, termasuk menyediakan air baku bagi 6 kecamatan di Wajo.

"Juga berfungsi untuk konservasi untuk pariwisata, sehingga memberikan pendapatan baru bagi masyarakat," kata dia.

Lihat juga video 'Jokowi Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Dibangun dengan Biaya Rp 1,1 T':

[Gambas:Video 20detik]



(tfq/nvl)