Asal Usul Mitos 'Pasangan Gancet': Berawal dari Sistem Kawin Paksa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 12:01 WIB
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning
Ilustrasi berhubungan seksual (Getty Images/iStockphoto/fizkes)

Viral Gancet di TikTok

Di media sosial viral video yang diklaim menunjukkan pasangan dengan kelamin tidak bisa lepas saat bercinta alias gancet. Dijelaskan bahwa ini terjadi karena azab dari berzina atau berhubungan seks di luar nikah.

"Astaghfirullah hal azim akibat zinah GK bisa lepas," tulis satu pengguna media sosial TikTok yang turut membagikan video pasangan gancet pada Senin (6/9/2021).

Penelusuran detikcom menemukan sumber video pasangan gancet tersebut dari akun YouTube Gus Idris Official. Video sudah ditonton lebih dari 700 ribu kali dan mengundang puluhan ribu komentar.

Di dalam video, akun Gus Idris Official menulis keterangan bahwa ini hanya rekayasa. Dijelaskan bahwa video dibuat hanya untuk kepentingan edukasi dan hiburan.

"Materi di video ini dibuat untuk kepentingan edukasi dan hiburan semata. Ini hanya cerita fiksi yang kemudian dibuat dalam bentuk visual," tulis Gus Idris Official seperti dikutip pada Rabu (8/9/2021).

Dikutip dari Healthline, fenomena pasangan gancet alias penis captivus ini terjadi karena penis yang terisi dengan darah selama ereksi dapat terus tumbuh dalam ukuran sebelum orgasme.

Sementara itu, dinding vagina yang terbuat dari jaringan otot mengembang dan berkontraksi saat berhubungan seks. Otot-otot di dalam vagina mungkin sedikit berdenyut selama orgasme juga.


(rdp/tor)