Asal Usul Mitos 'Pasangan Gancet': Berawal dari Sistem Kawin Paksa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 12:01 WIB
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning
Ilustrasi berhubungan seksual (Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Sebuah video yang diklaim menunjukkan pasangan dengan kelamin tidak bisa lepas saat bercinta alias gancet viral di media sosial. Pasangan ini dinarasikan gancet karena berzina. Bagaimana mitos ini bisa muncul?

Fenomena gancet memang kerap muncul dan sering dikaitkan dengan azab karena berzina. Padahal, secara medis, fenomena pasangan gancet disebut dengan penis captivus dan kemungkinan disebabkan oleh kondisi vaginismus.

Sosiolog dari Universitas Nasional Sigit Rohadi menyebut narasi soal gancet dikaitkan dengan azab ini adalah mitos. Menurutnya, gancet bisa dijelaskan secara logis. Tetapi gancet di zaman dulu erat dikaitkan dengan zina di tempat yang ada penunggunya atau soal balas dendam.

"Itu mitos, menurut kepercayaan tertentu. Gancet karena tidak direstui sama penunggu daerah tersebut. Ada juga karena balas dendam, entah terhadap perempuan atau laki-lakinya. Tetapi secara logis gancet itu karena vagina mengering sehingga mengunci," ujar Sigit saat dihubungi, Kamis (9/9/2021).

Selain itu, Sigit menjelaskan salah satu asal usul mitos gancet karena zina bermula dari sistem kawin paksa di zaman dulu. Mitos ini dipakai agar pemuda di zaman itu mau dikawinkan dengan pilihan orang tua.

"(Bermula dari) kawin paksa atau lari," ungkapnya.

Simak juga 'Menteri PPPA Akan Keluarkan Peraturan Larangan Kawin Kontrak':

[Gambas:Video 20detik]