Sambut Maba Unisma, Ketum PKB Sebut NU Kiblat Pemikiran Islam Maju

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 22:51 WIB
PKB
Foto: Dok. PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menyambut para mahasiswa baru di Universitas Islam Malang (Unisma). Muhaimin menyebut para mahasiswa itu menjadi harapan bagi masa depan bangsa dan kemajuan Nahdlatul Ulama (NU).

Muhaimin memberikan sambutan dalam kegiatan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (Oshika Maba) Unisma secara virtual.

"Ini satu ikatan yang luar biasa, momentum dan kesempatan yang dahsyat telah merekatkan diri dalam jejaring peradaban umat, peradaban bangsa, peradaban dunia. Ini kalau kita lihat dari background sebagai kekuatan NU, bahwa NU adalah kiblat pemikiran Islam yang sangat maju," ungkap Muhaimin dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (8/9/2021).

Muhaimin menuturkan Islam Aswaja yang dikembangkan NU selama ini memiliki bukan saja kajian dan pemikiran, namun juga pola dan sikap sekaligus peradaban yang luar biasa. Hal itu membuat ajaran tersebut mudah diterima oleh semua kalangan.

"Nah inilah kesempatan adik-adik semua bergabung dan menjadi keluarga besar Unisma adalah bergabung dari rencana besar mengubah dunia dan rencana besar menata peradaban dunia. Karena di dalam NU ada Unisma, di dalam Unisma ada center of excellent, pusat kajian dan kemajuan," papar Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI itu berharap kampus menjadi menara yang memotori kemajuan. Kegagalan pembangunan dan penataan sistem nasional, kata dia, adalah pelajaran penting yang akan menjadi pemikiran sekaligus kajian bagi setiap kampus, termasuk Unisma untuk dijadikan acuan perubahan.

"Saya berharap Unisma menjadi salah satu sumber kemajuan serta teori-teori masa depan Indonesia, masa depan Islam, masa depan dunia, perdamaian Islam, perdamaian umat, perdamaian Indonesia," ungkap Muhaimin.

Sebagai informasi, Oshika Maba turut dihadiri oleh Rektor Unisma Prof. Dr. H. Masykuri, jajaran wakil rektor, para dekan, dosen, dan civitas akademika Unisma. Hadir pula sejumlah Ketua Dewan Pengurus Yayasan Unisma Prof. Dr. H. Yaqub Cikusin, serta sejumlah pengurus lainnya.

(akn/ega)