Heboh Holywings, Anies Siapkan Sistem Blacklist Warga Pelanggar Prokes

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 17:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Dok.Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menyiapkan sistem untuk memberi sanksi para pelanggar prokes selama pandemi Corona. Warga pelanggar prokes bisa di-blacklist.

"Di Holywings kita menemukan pengelola yang tidak mencerminkan sikap bangsa kita. Nah, ke depan, kita salah satu dibahas, yang nanti akan kena sanksi bukan saja pengelolanya, tapi mereka yang berada di tempat itu akan diblok, sehingga tidak bisa pergi dan mendatangi tempat manapun juga selama batas waktu tertentu," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Sistem itu dibuat berkaca dari kasus kerumunan di Holywings Kemang. Anies menyebut, jika ada satu tempat yang melanggar, sanksi tak hanya menyasar pengelola tempat, tapi juga warga yang ada di lokasi pada saat terjadi pelanggaran.

"Kalau Anda berada di tempat yang sudah pelanggaran, sebelum ke luar Anda di-scan lalu masuk dalam blacklist, orang yang tidak bisa pergi ke mana-mana nanti, karena ke mana pun Anda pergi, Anda akan ditolak, karena Anda ikut ramai-ramai melakukan pelanggaran," tutur Anies.

"Jadi yang kena sanksi sekarang ini baru pengelola tempatnya, nantinya, supaya begini, kalau Anda melihat itu suatu tempat itu melanggar, Anda keluar aja dah. Daripada nanti Anda ikut kena sanksi, sanksinya apa? Ya di rumah aja," imbuhnya.

Untuk itu, Anies mengingatkan agar disiplin untuk tidak bepergian ke tempat yang berpotensi ada kerumunan. Dia juga mengingatkan untuk tidak melepas masker, meski ada penyesuaian atau pelonggaran.

"Karena ketika pergi ternyata buka masker ternyata tidak jaga jarak. Nah itu nanti teknologinya akan disiapkan sehingga sama seperti Anda masuk mal tuh, kalau masuk mal begitu di-scan kalau positif nggak bs masuk. Nah nanti bukan positive test, tapi positif Anda sudah melanggar, berada di tempat yang di situ melakukan pelanggaran," kata Anies.

Simak juga video 'Kasus Kerumunan Holywings Kemang Naik ke Tahap Penyidikan':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)