Detik-detik Penyelamatan Siswi SD di Aceh yang Viral Diculik Pasutri

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 14:39 WIB
Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Aceh Tengah -

Seorang pria di Aceh Tengah, Aceh, dihajar warga hingga babak belur karena diduga menculik siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN/setara SD) berinisial N (12). Video penyelamatan korban sekaligus penangkapan KS viral di media sosial.

Dalam video dilihat detikcom, Rabu (8/9/2021), warga tampak mengerumuni KS yang tertangkap di kawasan hutan di Desa Weh Lah, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Sejumlah warga menghajar KS hingga wajahnya berdarah.

Pelaku KS tampak tergeletak di tanah. Beberapa orang mencegah warga agar tidak melakukan pemukulan. Selain itu, sejumlah warga tampak memegang kaki dan tangan KS untuk mengangkatnya dari lokasi.

Polisi yang datang ke lokasi mengamankan KS. Warga juga sempat mengerumuni mobil polisi yang dipakai untuk membawa KS ke Polres Aceh Tengah.

Detik-detik penyelamatan siswi SD yang viral diculik (tangkapan layar)Detik-detik penyelamatan siswi SD yang viral diculik. (Tangkapan Layar)

Dalam video lain, tampak korban N diselamatkan polisi berpakaian preman. N terlihat mengenakan jaket dan dievakuasi dari lokasi menggunakan motor. Di video juga terlihat polisi bersenjata laras panjang.

"Pelaku kita tangkap sama warga tadi malam. Warga antusias mencari pelaku ke tempat yang kita duga menjadi lokasi persembunyiannya," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah AKP Ahmad Arief Sanjaya saat dihubungi detikcom, Rabu (8/9/2021).

Menurut Ahmad, di lokasi tersebut KS bersembunyi bersama istri dan korban. KS dan istrinya kini sudah ditahan di Polres Aceh Tengah untuk menjalani pemeriksaan.

"Korban sudah kita bawa ke rumah sakit untuk penanganan medis," jelas Ahmad.

Sebelumnya, kasus penculikan itu terjadi saat korban pulang sekolah dengan becak yang dikemudikan KS pada Senin (6/9). Korban naik becak bersama temannya.

Dalam perjalanan, KS mengantar teman korban terlebih dulu ke rumahnya. Sementara itu, korban tak kunjung diantar ke rumah hingga sore hari. Pihak keluarga kemudian membuat laporan ke polisi.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menduga pelaku penculikan itu adalah KS, yang merupakan tukang becak. Pada Selasa (7/9), polisi menemukan becak yang dikemudikan KS.

(agse/isa)