Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Sulit Dikenali, Perlu Tes DNA

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 12:05 WIB
Kebakaran terjadi di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9) dini hari. Kebakaran maut itu menewaskan 41 narapidana (napi).
Jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta -

Kebakaran Lapas Tangerang menewaskan 41 narapidana pada dini hari tadi. Jenazah korban sudah sulit dikenali hingga identifikasi harus melalui tes DNA.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan pihak kepolisian juga akan melakukan langkah-langkah identifikasi jenazah. Saat ini jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang akan dibawa ke RS Polri di Jakarta Timur.

"Inafis Mabes Polri akan melakukan itu. Jenazah sudah dikirimkan ke RS Polri untuk identifikasi," kata Yasonna dalam jumpa pers di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Yasonna berharap keluarga narapidana bekerja sama dengan Inafis Mabes Polri untuk proses identifikasi narapidana. Tes DNA akan dilakukan.

"Keluarga agar dapat bekerja sama dengan Inafis Polri untuk menentukan nanti jenazah mungkin harus melalui DNA karena kondisi jenazah, mohon maaf, sudah sulit dikenali," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran Lapas Tangerang berawal dari blok khusus narkotika. Api menyebar dengan cepat di saat narapidana berada dalam sel yang terkunci.

Kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kejadian kebakaran Lapas Tangerang. Sementara ini, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Sementara diduga akibat hubungan pendek arus listrik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (8/9/2021).

Simak video 'Polisi Buka Crisis Center Korban Kebakaran Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/fjp)