41 Orang Tewas, 7 Ambulans Bersiaga di Depan Lapas Kelas I Tangerang

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 10:01 WIB
Jakarta -

Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang menewaskan 41 orang dan 81 mengalami luka. Sejumlah ambulans pun disiapkan di lokasi untuk evakuasi.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (8/9/2021), ada sekitar 7 ambulans dari kepolisian yang disiagakan di lokasi. Ambulans itu keluar-masuk secara bergantian ke dalam area parkiran lapas.

Sejumlah aparat kepolisian pun terlihat berada di lokasi. Mereka tengah melakukan penjagaan pasca-kebakaran di lapas ini.

Hingga kini belum terpantau ada keluarga dari para korban yang datang. Belum tampak juga ada lagi evakuasi korban dari kebakaran ini.

Kebakaran berkobar sekitar pukul 01.45 WIB. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah berhasil memadamkan api, petugas melakukan evakuasi korban yang selamat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyampaikan jumlah korban tewas ada 41 orang. Sementara itu, ada 81 korban luka-luka, terdiri atas 73 korban luka ringan dan 8 korban luka berat.

Korban luka dirawat di 2 rumah sakit.

Saat ini polisi melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Tim Puslabfor Polri juga turun ke lokasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

"Ini dari Puslabfor Mabes Polri, dari Direskrimum Polda Metro, bersama bantuan reserse Polres Tangerang sekarang sedang bekerja marathon untuk mengetahui sebab kebakaran," jelasnya.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan akibat korsleting listrik.

"Tadi saya sudah lihat di TKP, berdasarkan pengamatan awal patut diduga karena terjadi hubungan pendek arus listrik. Nanti akan didalami lagi," tuturnya.

(fas/tor)