Ngaku Nakes, Pemobil Pakai Pelat Genap Diputar Balik di Gage Sudirman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 10:10 WIB
Sejumlah mobil diputar balik di ganjil genap di Jalan Sudirnam
Titik pemeriksaan ganjil-genap Jalan Sudirman. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Ganjil-genap (gage) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, masih diterapkan. Pagi ini, sejumlah kendaraan mobil pelat genap yang hendak melintas ke Jalan Sudirman diputar balik petugas.

Pantauan detikcom, Selasa (7/9/2021), sejak pukul 08.10 WIB, petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP, dan Dishub berjaga di mulut Jl Sudirman, yakni Bundaran Senayan, Jakarta Selatan. Mereka memantau mobil pelat genap mengingat angka tanggal hari ini ganjil.

Mobil pelat genap itu datang dari Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Pattimura arah Blok M. Mereka dialihkan petugas menuju Jalan Hang Lekir.

Salah satu yang diputar balik polisi adalah seorang pria yang mengaku sebagai tenaga kesehatan (nakes). Pria itu menggunakan mobil pelat genap.

"Saya nakes, Pak," ujar pria itu.

Namun polisi tampak tetap ngotot memutar balik pemobil tersebut. Polisi justru menginstruksikan pria itu melihat nomor pelatnya.

"Ya tapi nomor pelatmu itu lho," balas polisi.

Pada akhirnya pria itu memilih diam tanpa melanjutkan debat. Dia diputar balik ke Jl Hang Lekir.

Sementara itu, ada juga mobil pelat genap yang lolos penjagaan polisi. Seperti mobil pelat RFP genap yang dibiarkan lewat begitu saja.

Adapun kondisi arus lalu lintas di lokasi ramai lancar. Pemotor diperbolehkan melintas menuju Jl Sudirman.

Diketahui, polisi memperpanjang sistem ganjil-genap di 3 ruas jalan Jakarta. Ganjil-genap diperpanjang menyusul diperpanjangnya PPKM level 3 di wilayah aglomerasi Jabodetabek.

"Iya diperpanjang seminggu ke depan karena level 3 ini masih berlanjut," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9).

Kebijakan ganjil-genap di Jakarta tetap akan berlaku di tiga lokasi. Lokasi itu mulai dari Sudirman, Thamrin, hingga Rasuna Said.

Namun ada sedikit perbedaan dalam pengawasan ganjil-genap kali ini. Penjagaan tak lagi dilakukan di mulut kawasan, tetapi langsung di lokasi ganjil-genap.

"Mulai besok kami tidak lagi berjaga di mulut-mulut kawasan seperti yang saat ini kami laksanakan. Kami hanya menempatkan anggota di Bundaran Senayan, kemudian di Semanggi, kemudian di Bundaran Patung Kuda, dan kalau Rasuna Said kami pasang di Simpang Mampang di bawah layang, kemudian di Jalan Imam Bonjol samping KPU," terang Sambodo.

Simak video 'Simak! Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 4 hingga 2':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)