Polisi Selidiki Viral Peleton Road Bikers di Sudirman Saat PPKM Level 3

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 20:25 WIB
Tangkapan layar video viral road bikers gowes di Sudirman di masa PPKM level 3, Senin (4/9/2021). Foto screenshot video IG @fitaminofficial (dok.istimewa)
Tangkapan layar video viral road bikers gowes di Sudirman di masa PPKM level 3. (dok. istimewa)
Jakarta -

Sebuah video memuat rombongan road bikers melintas di jalan raya yang diduga di Sudirman, Jakarta, viral di media sosial. Dalam video viral itu terlihat sejumlah road bikers gowes berpeleton di kanan jalan.

Kejadian itu disebut-sebut terjadi pada Senin (6/9) subuh. Padahal, kegiatan bersepeda bergerombol masih dilarang selama aturan PPKM level 3 berlangsung di Jakarta.

"Untuk komunitas sepeda bike to sport sampai saat ini memang masih kita larang untuk melintasi di Jalan Sudirman-Thamrin," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Menurut Sambodo, saat ini pihaknya tengah melacak identitas rombongan road bikers tersebut. Polisi melacak road bikers lewat kamera e-TLE.

"Terkait adanya video yang viral ada sekelompok sepeda sedang kita dalami di CCTV e-TLE kita, apakah terjadi hari ini atau kejadian sudah lama tapi baru di-upload hari ini," jelas Sambodo.

Manfaatkan Kelengahan Petugas

Dari video yang beredar luas saat ini, Sambodo menduga para road bikers ini melintas saat subuh hari. Para pesepeda ini disinyalir memanfaatkan kekosongan penjagaan dari kepolisian saat masih subuh hari ini.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi ke depan Sambodo menyebut bakal menerjunkan anggotanya ke lapangan lebih pagi sebelum pukul 06.00 WIB.

"Kemungkinan itu pagi hari sekali, memanfaatkan kelengahan petugas sebelum pukul 06.00 WIB berjaga. Kalau ini terjadi pada hari ini tentu salah satu upayanya kita akan menempatkan anggota lebih pagi lagi untuk mengantisipasi para pengguna bike to sport," ujar Sambodo.

Lebih lanjut Sambodo masih enggan berbicara pemberian sanksi bagi para road bikers tersebut. Dia menyebut akan memanggil kelompok pesepeda itu jika nanti telah diketahui identitasnya.

"Ya nanti kalau memang namanya kita ketahui siapa pemilik akun tersebut dan kalau emang betul kelompok tersebut akan kita panggil untuk klarifikasi," pungkas Sambodo.

Lihat juga Video: Gage Sudirman Berlaku Akhir Pekan, Pesepeda Diarahkan Ke Jalur Lain

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)