Suara Dentuman Keras di Langit Kagetkan Warga Rokan Hulu Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 16:05 WIB
Bright lightning illuminates dark cloudy sky during a thunderstorm. Natural dangers and majestic beauty. Real cloudscape with computer generated lightning. Copy space on image side.
Ilustrasi/gambar tidak berhubungan dengan artikel (iStock)
Pekanbaru -

Suara dentuman keras terjadi di langit wilayah Riau. Dentuman keras itu terdengar 2 kali sehingga membuat warga di Rokan Hulu geger.

"Saya lihat seperti meteor jatuh dari timur ke barat. Itu terlihat di langit, berekor dan cahayanya terang," ucap warga yang juga saksi mata, Warsono, Senin (6/9/2021).

Hanya dalam hitungan detik, petani sawit itu melihat benda bercahaya hancur lebur. Benda itu terbakar pecah hingga akhirnya tidak terlihat.

"Setelah itu, seperti menghantam atmosfer. Tidak ada bekas sama sekali, biasanya itu meninggalkan asap. Tapi ini langit seperti ini, bersih," katanya.

Warsono mengaku melihat fenomena tak biasa itu pada Sabtu (4/9), sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu dia sedang membersihkan kebun miliknya di Rambah Muda, Rokan Hulu.

"Kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, terlihat terbakar ada pecahan 2 kali. Saya melihat langsung," katanya.

Melihat benda pecah dan hilang, Warsono kemudian pergi mengambil handphone untuk mengabadikan jika momen kembali terulang. Namun ia tak melihat insiden itu lagi.

"Terdengar dentuman 2 kali, menggema. Saya karena penasaran saya ambil HP, saya foto langit, sudah tidak ada," imbuh Warsono.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Wimpiyanto mengatakan telah menerima laporan itu. Jajaran Polsek juga telah turun ke lokasi untuk memastikan suara dentuman.

"Iya sudah (ada laporan). Dentuman terjadi di seputaran Desa Rambah Muda, Rambah Hilir," kata Wimpiyanto.

(ras/lir)