Daftar Usulan Relaksasi Jelang Pengumuman PPKM Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 16:02 WIB
Pemberlakuan PPKM Darurat diperpanjang. Meski begitu, Jokowi akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021 mendatang bila kasus COVID-19 di RI menurun.
Ilustrasi PPKM (Antara Foto)
Jakarta -

Pemerintah akan menentukan nasib pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hari ini. Sejumlah usulan pun muncul di tengah kajian yang dilakukan pemerintah jelang pengumuman mengenai PPKM.

Berdasarkan informasi yang didapatkan detikcom, Senin (6/9/2021), level PPKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diusulkan untuk diturunkan menjadi level 3. Sementara Bali masih diusulkan untuk tetap berada di level 4.

Namun hal itu masih berupa usulan dan belum final. Keputusan final mengenai PPKM berada di tangan pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut ini usulan-usulan yang masuk ke forum Rapat Terbatas (Ratas) pada Senin hari ini:

Usulan soal Mal dan Restoran

Sejumlah kebijakan pembatasan juga diusulkan untuk diperlonggar. Salah satunya, durasi makan untuk restoran di dalam mall diusulkan untuk diperpanjang hingga 60 menit dengan kapasitas 50 persen.

Usulan mengenai penertiban restoran di luar mall yang belum menerapkan protokol kesehatan yang baik dan QR Code PeduliLindungi juga mencuat. Kemudian, ada juga usulan untuk menyiapkan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi untuk bioskop agar bisa dibuka pada 14 September 2021.

Selain itu, mal di Bali diusulkan untuk dibuka secara terbatas.

Usulan di Sektor Industri

Di sektor industri, disebut ada usulan-usulan mengenai tenaga kerja asing (TKA). TKA diusulkan untuk diizinkan masuk mulai 8 September 2021 dengan syarat sudah memperoleh visa yang sesuai dengan ketentuan, menjalani karantina 8 hari dan tiga kali tes PCR (2 hari sebelum keberangkatan, ketika kedatangan di Indonesia, dan hari ke-7 saat karantina), dan sudah mendapatkan vaksinasi full COVID-19.

Lihat juga video 'Contoh Kepatuhan Warga Semarang Dalam Menerapkan Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



Simak usulan lainnya di halaman selanjutnya.