Polisi Klaim Pelanggar Ganjil Genap di Jl Rasuna Said Jaksel Terus Menurun

Yogi Ernes, Yogi Ernes, Adhyasta Dirgantara, Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 08:50 WIB
Suasana di pos pengecekan ganjil genap menuju Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Yogi-detikcom)
Foto: Suasana di pos pengecekan ganjil genap menuju Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Yogi-detikcom)
Jakarta -

Kebijakan ganjil genap (gage) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, telah berjalan lebih dari sepekan. Polisi menilai pelanggaran ganjil genap di ruas jalan tersebut terus menurun.

Kasie Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sriyanto mengatakan ganjil genap di Jalan HR Rasuna Said dimulai pada 26 Agustus. Pada awal penerapan, ada puluhan kendaraan yang diputar balik karena melanggar ganjil genap.

"Jadi dari mulai diterapkan di sini yang ditegur atau diputarbalikkan makin hari makin menurun. Hari pertama itu ada 20 pelanggaran, lalu kemudian menurun 13, dan Kamis pekan lalu itu ada satu aja," kata Sriyanto di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021).

Menurut Sriyanto, para pelanggar biasanya merupakan pengemu mobil dari luar Jakarta. Dia menilai warga DKI sudah paham soal titik ganjil genap.

"Jadi biasanya yang melanggar itu entah dia ngakunya lupa atau orang luar DKI. Kalau orang DKI sudah paham semua," jelas Sriyanto.

Dia mengatakan warga yang diminta putar balik tidak pernah melawan. Dia menyebut warga paham soal pembatasan mobilitas dengan ganjil genap.

"Mereka kooperatif. Kita dari jauh udah tunjuk (mobilnya) aja udah merasa dia," ujar Sriyanto.

Sriyanto menyebut siang hari menjadi waktu paling banyak pelanggaran terjadi. Menurutnya, hal itu dipicu banyaknya warga yang keluar.

Suasana pengecekan ganjil genap menuju Jalan Sudirman, Senin (6/9/2021)Suasana pengecekan ganjil genap menuju Jalan Sudirman, Senin (6/9/2021) Foto: Adhyasta-detikcom

"Pelanggaran di agak siang karena orang-orang jauh dari Jakarta pada banyak keluar. Tapi kalau pagi pengendara yang esensial dan kritikal sudah tahu ya," ujarnya.

Pantauan detikcom, Jalan HR Rasuna Said terpantau lengang pada pukul 08.00 WIB ini. Tidak ada kepadatan lalu lintas di lokasi.

Petugas dari kepolisian, Dishub DKI dan Satpol PP berjaga di sejumlah titik. Hingga pukul 08.30 WIB belum ditemukan adanya pengendara berpelat ganjil yang diminta putar balik oleh petugas di lokasi.

Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Sudirman, Jakarta. Jumlah pengemudi mobil yang diputar balik karena melanggar ganjil genap lebih sedikit dibanding saat awal penerapan ganjil genap.

(haf/haf)