17 Penyuap Bupati Probolinggo Dibawa ke DKI, KPK: Khawatir Hilangkan Bukti

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 07:16 WIB
Jakarta -

Sebanyak 17 orang tersangka yang menyuap Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, dibawa ke Jakarta hari ini. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan hal itu dilakukan karena dikhawatirkan para tersangka melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.

"Karena KPK khawatir para tersangka melarikan diri ataupun menghilangkan barang bukti," kata Firli kepada detikcom, Sabtu (4/9/2021).

Firli mengatakan penjemputan itu dipimpin oleh Kasatgas Penyidik KPK Weicklif. 17 tersangka itu langsung diciduk dan diprediksi tiba pagi ini di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Penyidik KPK yang dipimpin Kasatgas Weicklif bergerak cepat ke Probolinggo dan para tersangka langsung dijemput penyidik KPK di Probolinggo dan dibawa ke Jakarta," kata Firli.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 17 tersangka yang menyuap Bupati Probolinggo dibawa ke Jakarta pada Jumat malam (3/9). Keberangkatan mereka diiringi tangis keluarga.

Belasan tersangka itu sebelumnya diperiksa selama hampir 12 jam di Mapolres Probolinggo. Lalu sekitar pukul 21.30 WIB, mereka dibawa ke kantor KPK, Jakarta.

Saat keluar dari Mapolres Probolinggo, mereka langsung masuk ke bus yang sudah disediakan. Bus tersebut akan membawa mereka ke Bandara Juanda Surabaya, untuk terbang ke Jakarta.

Selain membawa 17 tersangka tersebut, petugas KPK juga membawa 5 koper hasil penggeledahan. Satu koper berwarna merah berukuran besar, berisi sejumlah dokumen dan uang tunai yang disita dari rumah pribadi Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, di Jalan Ahmad Yani No 9, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Berikut ini daftar tersangka suap jual beli jabatan kades Kabupaten Probolinggo:

Pemberi suap:

- Sumarto (ASN)
- Ali Wafa (ASN)
- Mawardi (ASN)
- Mashudi (ASN)
- Maliha (ASN)
- Mohammad Bambang (ASN)
- Masruhen (ASN)
- Abdul Wafi (ASN)
- Kho'im (ASN)
- Ahkmad Saifullah (ASN)
- Jaelani (ASN)
- Uhar (ASN)
- Nurul Hadi (ASN)
- Nuruh Huda (ASN)
- Hasan (ASN)
- Sahir (ASN)
- Sugito (ASN)
- Samsuddin (ASN)

Penerima Suap:

- Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo)
- Hasan Aminuddin (Anggota DPR RI)
- Doddy Kurniawan (Camat Krejengan)
- Muhammad Ridwan (Camat Paiton)

(isa/isa)