Kemenkop UKM Bagi Ribuan Paket Sembako ke Masyarakat Terdampak COVID

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 20:16 WIB
Kemenkop UKM
Foto: Kemenkop UKM
Jakarta -

Kementerian Koperasi dan UKM membagikan ribuan paket sembako bagi pelaku UMKM dan masyarakat terdampak COVID-19. Penyaluran bantuan ini dilakukan bersama dengan Kementerian Sosial, Polda Metro Jaya, dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati.

"Saat ini, aksi solidaritas untuk membantu sesama di tengah pandemi sangatlah bermakna. Banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi, kehilangan pekerjaan, hingga penurunan pendapatan," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis, Jumat (3/9/2021).

Teten menyebut langkah ini menjadi bukti bahwa koperasi juga memiliki fungsi sosial (dan pendidikan), di samping sebagai entitas ekonomi dan bisnis.

"Filosofi koperasi seperti dikatakan Bung Hatta adalah kegiatan usaha bersama untuk kemajuan masyarakat umum," ujarnya.

Teten mengatakan tidak ada satu pun orang di dunia yang mampu menjamin COVID-19 bakal selesai dalam waktu dekat.

"Oleh karena itu, pemerintah akan terus melakukan percepatan vaksinasi. Karena, tingkat vaksinasi seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Di banyak negara, semakin banyak rakyatnya yang divaksin, ekonominya terus bertumbuh," jelas Teten.

Ia pun berharap ke depannya pandemi akan berubah menjadi endemi yang hadir di sekitar masyarakat.

"Kuncinya adalah tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua II KSP Sahabat Mitra Sejati, Kombes Pol (Purn) I Made Pande Cakra mengungkap bansos ini merupakan bentuk kepedulian koperasi terhadap masyarakat dan UMKM.

"Kita memiliki gerakan sosial bertajuk Sahabat Peduli Komunitas," ucap I Made Pande.

Ia pun menjelaskan kegiatan berbagi sembako ini merupakan aksi lanjutan dari tahun 2020 yang dilakukan di banyak daerah di Indonesia.

"Kita akan menyebarkan sekitar 10 ribu paket sembako untuk seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya, kita selalu bersinergi dengan Pemda setempat," terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus mengatakan saat ini masyarakat tengah mengharapkan bantuan dari pemerintah. Menurutnya, hal ini juga akan terus berlanjut karena kita tidak tahu kapan pandemi akan berakhir

Untuk itu, Yusri mengungkap pihaknya tak hanya akan menjalankan program bansos. Tapi juga akan terus melakukan percepatan program vaksinasi dengan nama Vaksin Merdeka.

"Percepatan program vaksinasi yang kami lakukan juga akan menyasar wilayah Depok, Tangerang, dan Bekasi," pungkas Yusri.

(ega/ega)