Bamsoet Dukung Rencana Pembangunan Sirkuit Balap di Ngawi

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 19:50 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana pembangunan sirkuit balap di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur gagasan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. Sirkuit ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 30 hektare dan dapat digunakan untuk balap motor dan mobil.

Selain itu, Ketua Umum Ikatan motor Indonesia (IMI) ini mengatakan sirkuit ini juga dapat menjadi sport automotive tourism di Kabupaten Ngawi dan daerah sekitarnya.

"Terletak di paling barat Provinsi Jawa Timur, menjadikan Kabupaten Ngawi sangat strategis, karena juga sangat mudah diakses melalui Surakarta, Jawa Tengah. Sehingga selain memajukan kegiatan balap di Ngawi dan berbagai daerah Jawa Timur, kehadiran sirkuit balap tersebut juga turut memajukan kegiatan balap di Surakarta dan daerah lainnya di Jawa Tengah," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Usai menerima Ony Anwar hari ini, Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan soal potensi industri balap Indonesia yang menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi pendapatan asli daerah. Di samping itu, industri ini juga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19.

Melalui berbagai event kejuaraan yang digelar di sirkuit, industri balap dapat memberikan multiplier effect economy untuk menggerakkan berbagai sektor ekonomi rakyat.

"Dari mulai UMKM yang menyiapkan souvenir dan kerajinan tangan, hingga hotel yang menyediakan penginapan. Sekaligus juga menjadi pendorong agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan menikmati berbagai keindahan alam Kabupaten Ngawi," jelasnya.

Bamsoet menilai kegiatan industri balap Indonesia ke depan akan semakin meriah. Hal ini terlihat dari banyaknya kepercayaan internasional terhadap Indonesia menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap bergengsi dunia. Kejuaran ini antara lain, FIM World Superbike Championship 2021 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2021 di Borobudur, Jawa Tengah dan di Jembrana, Bali, hingga MotoGP World Championship 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika.

Terbaru, Indonesia juga akan menyelenggarakan MiniGP Indonesia Series sebagai bagian dari keikutsertaan dalam FIM Mini GP World Series 2022. Oleh karena itu, Bamsoet meminta agar seluruh pihak turut mengembangkan industri balap melalui pembangunan sirkuit balap. Dengan demikian Indonesia akan semakin dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan internasional.

"Dukungan dari daerah sangat diperlukan agar Indonesia bisa semakin dipercaya internasional menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan bergengsi dunia. Semakin banyak daerah yang memiliki sirkuit, semakin baik bagi perkembangan industri balap Tanah Air," pungkas Bamsoet.

(ega/ega)