Terekam CCTV, Maling Bugil di Sultra Diduga Pakai Ilmu Hitam Biar Tak Dilihat

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 16:28 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Foto ilustrasi maling. (Edi Wahyono/detikcom)
Konsel -

Maling beraksi dalam keadaan bugil di Desa Tetangge, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), terekam kamera pengawas atau CCTV. Kepercayaan masyarakat sekitar, maling itu sengaja bugil agar ilmu hitamnya dapat membuat dirinya tidak terlihat.

"Beberapa tokoh masyarakat meyakini kalau ada kejadian seperti ini (mencuri dengan bugil) maka ada pemahaman yang dia yakini, kalau dia masuk dengan posisi bugil begitu maka pemilik rumah tidak bisa mendeteksi aksinya," kata Kapolsek Tinanggea Iptu La Ajima saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/9/2021).

Ajima mengungkapkan korban atau pemilik rumah atas nama Pak Alimuddin juga mengaku tertidur dengan nyenyak saat maling dalam keadaan bugil masuk ke rumahnya.

"Pengakuan pemilik rumah biasa dia tidur tidak terlalu nyenyak dan subuh sudah bangun. Tapi, malam kejadian itu tidurnya lelap sekali, bahkan bangun salat subuh juga telat sudah jam 5 subuh lewat dia bangun," ungkapnya.

Lanjutnya, kasus pencurian dengan cara bugil baru pertama kali terjadi. Namun, menurut cerita masyarakat setempat, sekitar 10 tahun yang lalu ada kejadian yang sama dengan cara bugil masuk ke rumah warga. Hanya, waktu itu maling bugil ingin berbuat mesum kepada korban.

Ajima mengatakan saat ini pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut. "Sedang kita selidiki, sudah ada yang kami curigai tapi belum bisa kami ekspose dulu," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang maling dalam keadaan bugil terekam kamera CCTV pada Senin (30/8) sekitar 01.30 Wita di rumah Alimuddin di Desa Tetangge, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra. Pelaku masuk ke rumah korban melalui jendela.

"Kronologi pencurian ini pelaku masuk dalam kondisi telanjang bulat melalui jendela pintu rumah belakang dengan cara menggergaji jendela, kemudian tersangka masuk dalam rumah dan terpantau CCTV," ujar Ajima, Kamis (2/9).

(nvl/idh)