Tingkatkan Kualitas SDM, Kemenhub Beri Beasiswa S2 Sektor Transportasi

Syahputra Eqqi - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 11:43 WIB
Budi Karya Sumadi
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) memberikan beasiswa S-2 (Magister) double degree auntuk program studi sektor transportasi kepada 78 mahasiswa di Indonesia.

78 mahasiswa penerima beasiswa S2 double degree tersebut terdiri dari 64 orang PNS Kemenhub, 5 orang PNS dari Pemerintah Daerah, beserta 9 orang pegawai BUMN sektor transportasi. Pemberian beasiswa tersebut dilaksanakan sebagai upaya Kemenhub untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi.

Mahasiswa baru peserta beasiswa double degree dan para taruna/i transportasi Kemenhub ini mendapat pembekalan dan arahan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pada Kamis (2/9), dalam acara Studium Generale, yang diselenggarakan secara virtual oleh BPSDM Perhubungan.

Budi mengungkap bahwa program beasiswa ini diharapkan dapat menyediakan SDM transportasi yang dapat memiliki daya saing baik secara nasional maupun internasional dalam bidang transportasi.

"Program double degree ini merupakan wujud konkret, bahwa kita tidak sembarangan dalam menyediakan SDM Transportasi. Melalui program double degree ini diharapkan kalian memiliki jejaring dan relasi baru di luar negeri. Karena kolaborasi ini sangat penting," jelas Budi dalam keterangan tertulis Jumat (3/9/2021).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan pengembangan SDM sektor transportasi ini juga merupakan pelaksanaan dari amanat Presiden RI Joko Widodo untuk memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) nasional guna meningkatkan daya saing bangsa.

"Oleh karena itu, saya harapkan kalian adalah orang-orang pilihan yang dapat mencetuskan ide, riset gagasan, inovasi dan akhirnya memberikan suatu sumbangsih bagi kemajuan sektor transportasi nasional," ucapnya kepada para peserta beasiswa.

Budi juga berpesan kepada para peserta beasiswa untuk selalu memiliki empat aspek soft skill, yaitu berpikir secara kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Para peserta beasiswa juga diharapkan nantinya dapat membuat tesis yang memiliki manfaat bagi kemajuan sektor transportasi, serta memiliki korelasi antara yang sudah dipelajari dengan yang dibutuhkan di industri transportasi.

Program ini merupakan kerja sama BPSDM Kemenhub yang juga melibatkan sejumlah perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya yaitu; Universitas lndonesia (Ul) dan University of Leeds Inggris untuk Program Moda Transportasi Jalan, Universitas Gajah Mada dan University of Leeds Inggris untuk Program Moda Perkeretaapian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Rotterdam University of applied Sciences (RUAS) Belanda untuk Program Moda Transportasi Laut, serta Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Ecole Nationale de I'aviation Civile (ENAC) Prancis untuk Program Moda Transportasi Udara.

(mul/mpr)