Polisi: Ledakan Dekat Mal Taman Anggrek dari Genset, Bukan Bom

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 18:10 WIB
Jakarta -

Geger suara dentuman di dekat Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Polisi memastikan ledakan tersebut bukan bom, melainkan berasal dari genset yang korslet.

"Bukan, bukan bom sama sekali. Ini saya bersama orang dari chief security-nya Mal Taman Anggrek. Dan kita juga sudah ngecek ke TKP-nya langsung, juga sudah mengambil gambar, memang itu ada bekas ledakan," kata Kapolsek Tanjung Duren Kompol Rosana Albertina Labobar di lokasi, Kamis (2/9/2021).

Kapolsek yang akrab disapa Ocha itu menyebut ledakan terjadi pada pukul 16.37 WIB. Ledakan hingga mengakibatkan asap hitam itu berasal dari genset.

"Jadi tadi jam 16.37 WIB, ada sebuah ledakan di bagian Mal Taman Anggrek, tapi itu ada pada bagian genset. Jadi itu adalah corong dari genset yang meledak, jadi yang keliatan ada di foto yang udah viral itu ada asap-asap yang ada di antara Gedung Mal Taman Anggrek, ya itu berasal dari corong itu," ujar Ocha.

Ocha memastikan tidak ada korban jiwa. Dia juga menyebut ledakan tidak menimbulkan api.

"Kalau masalah kerugian jiwa, nggak ada sama sekali karena itu di paling bawah, kemudian untuk materinya mungkin dari pihak Mal Taman Anggrek," katanya.

Dia juga mengatakan, saat ledakan, tidak ada proses pemadaman dari petugas damkar.

"Nggak ada, nggak ada pemadaman. Jadi begini, pada saat ledakan pun, dari dalam tidak mendengar apa-apa. Yang mendengar dari pihak luar. Jadi, ketika dia 'boom' itu, dia di luar yang dengar. Kalau dalam yang dengar, pasti semua sudah kocar-kacir, kan. Ini kan nggak ada," ujarnya.

Lebih lanjut, Ocha menyebut genset itu berada di lantai basement P2. Dia menegaskan ledakan itu tidak mempengaruhi kegiatan operasional mal.

"(Kegiatan operasional) berjalan, tidak pengaruh apa-apa, tidak mempengaruhi operasional Mal Taman Anggrek," ujarnya.

Pihak manajemen mal, Rismadi, juga menjelaskan kejadian ini. Rismadi mengatakan genset tersebut meledak karena sudah lama tidak dinyalakan.

"Karena itu sudah lama nggak dinyalakan, baru pertama kali dinyalakan. Jadi kayak sepeda motor pertama kita engkol, bles," kata Rismadi.

Rismadi mengatakan letak genset itu terpisah dari gedung Mal Taman Anggrek. "Nggak, terpisah," katanya.

Terlihat di Mal Taman Anggrek sempat terparkir mobil damkar. Petugasnya pun tampak sudah menyelesaikan tugasnya dan tak lama pergi.

(idn/idn)