Indonesia Kedatangan 500 Ribu Vaksin AstraZeneca dari Australia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 16:53 WIB
Jakarta -

Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin COVID-19. Kali ini vaksin yang datang adalah vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis.

"Alhamdulillah sore ini kita kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis vaksin, yang merupakan dose sharing yang diperoleh dari pemerintah Australia," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam konferensi pers di kanal YouTube Setpres, Kamis (2/9/2021).

Retno mengatakan, vaksin AstraZeneca ini merupakan hasil kerja sama bilateral dengan Australia. Rencananya, pemerintah Australia akan memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

"Ini merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin pada tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme bilateral," ujarnya.

Selain vaksin, Australia juga akan memberikan dukungan pengadaan vaksin. Retno mengatakan pemerintah Australia akan memberikan dukungan kepada Indonesia sebesar AUD 77,1 juta.

"Pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai AUD 77,1 juta yang akan disalurkan melalui UNICEF," ungkap Retno.

Retno mengungkapkan, dukungan vaksin ini merupakan hasil komunikasinya dengan Menteri Luar Negeri Australia. Selain itu, hal ini hasil pembicaraan intensif antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PM Australia Scott Morrison.

"Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Scott Morrison secara reguler melakukan pembicaraan per telepon dan terakhir dilakukan 24 Juni 2021. Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan COVID-19," pungkas dia.

(mae/fjp)