Kontroversi-kontroversi Coki Pardede Sebelum Ditangkap Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 15:22 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap komika Coki Pardede terkait kasus narkoba berjenis sabu. Sebelum diamankan polisi, Coki dikenal sebagai komika yang gemar menuai kontroversi.

Sebagaimana diketahui, Coki ditangkap bersama seorang penyuplai. Kini, Coki telah diamankan.

"Betul lagi kita amankan. Iya, sama penyuplainya," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo saat dihubungi, Kamis (2/9/2021).

Pratomo mengatakan Coki Pardede ditangkap di rumahnya di kawasan Ciasauk, Tangerang, pada Rabu (1/9). Saat ini dia masih diperiksa polisi.

Pratomo menyebut pihaknya menyita barang bukti berupa sabu dari Coki Pardede dan penyuplainya. "Sabu... sabu...," ucapnya.

Saat ini polisi masih mengembangkan penangkapan Coki Pardede. Polisi tengah memeriksa intensif Coki Pardede.

Untuk diketahui, Coki dikenal sebagai komika yang kerap menuai kontroversi. Bahkan, namanya melejit usai membuat konten video memasak babi dengan kurma. Video kontroversial yang dibuat bersama Tretan Muslim ini pun dinilai menistakan agama.

Lalu, apa saja kontroversi yang dibuat oleh Coki? Berikut ini daftarnya:

1. Masak Babi Campur Kurma

Video Tretan Muslim dan Coki Pardede yang memasak babi dicampur kurma sedang menjadi sorotan pada 2018. Mereka dituding menistakan agama karena konten yang dibuat di channel YouTube Tretan.

Di awal video, Tretan menjelaskan kontennya bertajuk 'Last Hope Kitchen'. Isinya dia memasak suka-suka dengan campuran bahan apa pun tanpa dicicipi olehnya langsung. Nah kali ini, sang komika ingin memasak babi.

Dalam video itu, Tretan Muslim tak sendirian. Dia mengajak Coki Pardede.

"Sebenarnya karena persiapannya kurang prepare ya, kalau bisa dapatin air zamzam kan menarik juga dong. Ada daging babi dicampur ini minumnya air zamzam," tutur Coki dalam video.

2. Angpao Isi Corona

Coki Pardede juga pernah menulis cuitan ucapan selamat Imlek pada 2020 sembari menyinggung virus Corona yang tengah mewabah di Tiongkok dan beberapa negara Asia.

Rupanya tweet Coki Pardede itu dianggap terlalu berbahaya dan menyinggung banyak orang. Ditambah #VirusCorona sempat menjadi trending saat itu karena wabah yang menggila.

"Gong Xi Fa Cai !! Apakah di tiongkok pas angpao di buka isi nya virus Corona ?" kicau Coki saat itu.