Video 20Detik

Penampakan Ruang Mirip Bungker di Lokasi Penemuan Terowongan Kuno

dtv - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 14:51 WIB
Jakarta -

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menceritakan bangunan tua yang ditemukan mirip saluran air atau terowongan kecil. Di terowongan ini, ada ruangan mirip bungker.

Penemuan bangunan kuno ini lokasinya terletak sekitar 2-3 meter di bawah permukaan tanah, tepatnya di bawah saluran air yang dibangun pemkot pada 1990-an. Saat itu, petugas tengah memeriksa saluran air di Kota Bogor.

"Itu kondisi ruang yang seperti bungker," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (2/9/2021).

Dalam video, terlihat ruangan mirip bungker ini berukuran cukup besar. Terowongan kuno ini tampak dipenuhi sampah bercampur lumpur.

Enam petugas yang memeriksa terowongan kuno ini merupakan tim dari Dinas PUPR Kota Bogor. Kondisi terowongan yang sempit dan pengap membuat mereka sempat demam dan sesak napas.

"Sudah diperiksa dokter dan diagnosisnya karena kekurangan oksigen. Saat ini sudah mulai bertugas lagi," lanjutnya.

Bima Arya menyebut akan menindaklanjuti temuan terowongan kuno dan ruang mirip bungker tersebut. Pihaknya akan melibatkan sejarawan hingga pakar.

"Saya minta untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh terkait usia, fungsi, dan luasan terowongan ini. Jadi tim ini masih bekerja. Juga saya minta libatkan pakar dan sejarawan," jelas Bima Arya.

(rmi/rmi)