Firli Bahuri: Saya Tak Pernah Punya Konflik Kepentingan di KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 12:14 WIB
Proses pelantikan 1.271 pegawai KPK jadi ASN curi perhatian publik. Ketua KPK Firli Bahuri pun angkat suara terkait proses pelantikan para pegawai KPK tersebut.
Foto Ketua KPK Firli Bahuri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri tiba-tiba berbicara perihal conflict of interest atau konflik kepentingan di KPK. Firli merasa tidak memiliki konflik kepentingan dengan lembaga yang saat ini dipimpinnya.

"Saya tidak pernah memiliki conflict of interest dengan lembaga saya," ujar Firli yang dikutip dari laman resmi KPK, Senin (30/8/2021).

Tertulis keterangan bahwa Firli menyampaikan hal itu kala memberikan materi kuliah umum di Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Lembaga Pendidikan & Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia ke-30. Firli mengaku saat ini tujuannya di KPK hanya satu, yaitu tujuan negara.

"Sampai saat ini di KPK pegangannya hanya satu, adalah tujuan negara, karena tidak ada satu individu pun yang bisa melepaskan diri dari tujuan negara," ucap Firli.

Setelah itu. Firli berbicara mengenai peran KPK dalam pemberantasan korupsi. Salah satu strategi KPK, kata Firli, adalah ikut berkontribusi dalam prioritas nasional.

Dari tujuh prioritas nasional, ada empat prioritas yang dapat dikerjakan oleh KPK, yakni memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, meningkatkan SDM yang berdaya saing, memperkuat infrastruktur dan mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, serta memperkuat stabilitas politik, hukum, keamanan, HAM, dan transformasi pelayanan publik.

Firli juga menerangkan mengenai strategi pemberantasan korupsi melalui pendidikan. Pendidikan masyarakat bagi KPK, kata Firli, merupakan bentuk pemberantasan yang semakin penting.

"Baru kemudian di akhir ada penindakan yang tetap kami jalankan," ucap Firli.

(dhn/dhn)