Sebut Anggaran Multivitamin DPR Fantastis, Wakil Rakyat PDIP Minta Penjelasan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 10:28 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
TB Hasanuddin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menganggarkan belanja multivitamin senilai Rp 2 miliar dari APBN 2021. Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin, meminta sekjen mengklarifikasi terkait anggaran fantastis tersebut lantaran tidak pernah mendengar informasi itu.

"Sekjen DPR RI harus mengklarifikasi hal ini. Kami tidak pernah mendapatkan informasi apapun terkait pengadaan multivitamin untuk anggota DPR RI. Apalagi untuk membeli vitamin saja angkanya sangat fantastis hingga Rp. 2 miliar," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

TB mengatakan DPR selama ini tidak pernah mendapatkan suplai vitamin dari negara. Sebab, menurutnya, kebutuhan itu merupakan kebutuhan pribadi yang bisa dibeli dengan anggaran pribadi.

"Pembelian vitamin mestinya menggunakan anggaran pribadi anggota DPR RI saja, tak perlu dibebankan pada negara. Apalagi saat ini rakyat juga sedang terpuruk karena pandemi, baiknya anggarannya dialihkan untuk kepentingan rakyat saja. Saya mohon instansi yang berwenang segera mengusutnya," ucapnya.

Seperti diketahui, informasi anggaran mutlivitamin ini ramai dibahas. Dilihat dari situs LPSE DPR, Rabu (1/9/2021), tertera nama tender pengadaan multivitamin dengan pagu paket Rp 2.096.080.000.

"Nilai HPS paket Rp 2.074.950.955," demikian tertulis di situs itu.

Sistem pengadaannya adalah tender cepat harga terendah sistem gugur. Tender disebut sudah selesai dengan pemenang PT Chemipharma Julien Djonelida.

"Harga terkoreksi Rp 1.733.655.000," katanya.

Simak video 'Sekjen DPR Ungkap Pengadaan Multivitamin Senilai Rp2 M Dibatalkan':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/tor)