Legislator PD Nilai Ganjil Genap Puncak Bogor Terlambat: Idealnya Bareng DKI

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 06:23 WIB
Kemacetan terjadi di jalur Puncak, Bogor. Banyak warga yang berlibur ke Puncak saat libur tahun baru Islam ini.
ilustrasi, lalu lintas menuju Puncak (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Bogor -

Uji coba ganjil genap (gage) di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan diterapkan mulai besok. Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Irwan menilai pelaksanaan sedikit terlambat.

"Justru sebenarnya agak terlambat pelaksanaannya. Idealnya harus bersamaan dengan pelaksanaan kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta," kata Irwan kepada detikcom, Rabu (1/9/2021).

Meski dinilai terlambat, Irwan meminta masyarakat untuk mendukung kebijakan ini. Ganjil genap dinilai dapat membatasi mobilitas masyarakat di tengah tingginya sebaran COVID-19.

"Terbukti kan kebijakan ganjil genap lebih solutif dibanding penyekatan jalan dan berhasil menurunkan level PPKM di Jakarta," jelas Irwan.

Wasekjen Partai Demokrat, Irwan.Wasekjen Partai Demokrat, Irwan. Foto: Wasekjen Partai Demokrat, Irwan. (Dok: dpr.go.id)

"Kebijakan ganjil genap di Puncak pastinya tidak hanya berdampak di Bogor saja, tetapi akan berpengaruh juga ke wilayah-wilayah lain di seluruh DKI Jakarta," tuturnya.

Irwan meminta Pemkab Bogor dan kepolisian harus tegas selama kebijakan ganjil genap berlangsung. Meski begitu, tetap mengedepankan humanis dan edukatif.

"Sosialisasi juga harus massif agar seluruh masyarakat baik di dalam maupun dari luar bogor tahu dengan kebijakan ini agar tidak perlu putar balik," pungkasnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya