Sumut Mulai Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil

Datuk Haris - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 21:12 WIB
Vaksinasi di Sumut
Vaksinasi di Sumut (Datuk/detikcom)
Medan -

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai membuka vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil. Ada sekitar 72.902 ibu hamil yang memenuhi syarat untuk divaksinasi di Sumut.

Vaksinasi ibu hamil ini digelar di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Ada puluhan ibu hamil yang ikut dalam vaksinasi tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Pencanangan dan Percepatan Vaksinasi bagi Ibu hamil Sumut, Prof Sarma Nursani Lumbanraja mengatakan COVID-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Dalam kurun waktu itu, telah banyak menyebabkan korban jiwa, termasuk ibu hamil.

"Diharapkan vaksinasi COVID-19 dapat melindungi ibu dan bayi yang dikandungnya dan tentu saja dapat melindungi seluruh keluarganya," kata Sarma dalam sambutannya, Rabu (1/9/2021).

Sarma menyebutkan data dari Dinas Kesehatan Sumut, ada total 137.963 ibu hamil di antaranya yang memenuhi syarat vaksinasi, yaitu usia kehamilan 14 minggu, adalah sekitar 72.907 orang.

"Ada 33 kabupaten-kota di Sumut. Jumlah keseluruhan ibu hamil adalah 137.963 ibu hamil, yang layak divaksinasi ada 72.907 ibu hamil. Namun hanya 63.318 yang bersedia untuk mengikuti vaksinasi," ucap Sarma.

Sarma berharap, dengan pencanangan vaksinasi ini, seluruh kabupaten-kota di Sumut akan memulai pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil.

"Pencanangan ini diikuti oleh seluruh kabupaten-kota di Sumut. Namun yang bersama-sama dengan kita melakukan pencanangan dengan kita sekarang, ada 4 kabupaten kota yaitu Asahan, Simalungun, Labuhanbatu, Pematangsiantar," sebut Sarma.

Sarma menuturkan, untuk hari ini telah terdaftar 70 orang ibu hamil yang akan dilakukan vaksinasi. Semuanya ini ibu hamil berasal dari Kota Medan.

Sementara Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis berharap seluruh ibu hamil bisa divaksinasi.

"Saya berharap ibu hamil itu bisa semua divaksinasi biar anak dan ibunya itu sehat dan kuat. Karena sudah mempunyai imun kalau sudah di vaksin," ucap Nawal, istri Gubsu Edy Rahmayadi.

Nawal menyebutkan pihaknya bakal terus melakukan sosialisasi. Pihaknya terus memberikan dorongan kepada ibu hamil yang masih ragu-ragu untuk divaksin.

(knv/knv)