Round-Up

3 Fakta Kepala Distrik Sokong Dana KKB di Yahukimo Papua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 21:12 WIB
ilustrasi pria diborgol
Ilustrasi Penangkapan (Thinkstock)
Jakarta -

Kepala Distrik Wusama, Kabupaten Yahukimo, Papua, berinisial EB ditangkap. Dia diduga mendanai operasional teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Berdasarkan keterangan tertulis yang dibagikan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan, Rabu (1/9/2021), EB ditangkap bersama HH, YB, dan YH. Keempatnya kini ditahan di Polres Yahukimo.

Di rumah EB, polisi menemukan senjata di antaranya 106 anak panah, 20 busur panah, 3 mata panah, 1 pisau, dan 1 senapan angin. Untuk diketahui, penangkapan ini dilakukan oleh Tim Penegak Hukum (Gakkum) Satgas Nemangkawi.

Para tersangka diamankan pada Jumat (27/8). Berikut ini 3 fakta dugaan EB donatur KKB di Yahukimo:

1. Mobil Terduga Teroris KKB Lewat Depan Mapolres

Penangkapan berawal dari adanya informasi terkait kendaraan berwarna hitam yang sering melintasi Dekai ke lokasi kejadian yang berada di pinggiran kali Brazza.

Dari informasi itulah kemudian anggota mendalaminya. Namun tak disangka kendaraan yang dicari melintas di depan Mapolres Yahukimo, Dekai, sehingga digiring masuk dan pengemudinya, yakni EH, dimintai keterangan.

"Ketika dilacak kendaraan tersebut justru melintas di depan Mapolres Yahukimo dan langsung digiring masuk ke dalam Mako Polres Yahukimo. Saat diamankan, ada seorang pria berinisial HH yang merupakan sopir kendaraan tersebut," ujar Kamal.

2. Kepala Distrik EB Tampung Belasan KKB di Rumahnya

EH mengaku kepada penyidik soal ada belasan anggota KKB di rumah EB. Jumat malam, sekitar pukul 20.00 WIT, dilakukan penggerebekan.

Saat itu, 5 orang yang berada di dalam honai, di belakang rumah melarikan diri.Dari 8 orang yang diamankan, empat orang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Kemudian penyidik Polres Yahukimo melakukan pemeriksaan dan didapati informasi bila ada belasan orang yang terkait dengan KKB tengah berada di Rumah Kepala Distrik Wusama berinisial EB (38)," kata Ahmad.

Simak peran kepala distrik dalam KKB pada halaman berikutnya.