Komnas HAM Siap Tangani Kasus Pelecehan-Perundungan di Kantor KPI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 20:28 WIB
Beka Ulung Hapsara
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kabar adanya pelecehan seksual dan perundungan sesama pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bikin geger. Korban disebut sempat melapor ke Komnas HAM.

"Benar yang bersangkutan mengadu ke Komnas HAM via e-mail sekira Agustus-September 2017. Dari analisa aduan, korban disarankan untuk melapor ke polisi karena ada indikasi perbuatan pidana," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Namun saat itu Komnas HAM menyarankan korban untuk melapor ke polisi. Beka menyampaikan Komnas HAM siap menangani kasus tersebut jika korban melapor lagi setelah dari polisi.

"Komnas HAM akan tangani kasus tersebut apabila yang bersangkutan mengadu lagi ke Komnas HAM terkait perkembangan penanganan kasus yang ada setelah dari kepolisian maupun pihak lain," kata Beka.

Beka menyebut bahwa Komnas HAM telah berkoordinasi dengan KPI. Dia berharap kejadian ini dapat segera diselesaikan.

"Semoga kasus ini segera terang, ketemu solusinya dan korban dipulihkan," ucapnya.

Pelecehan Seksual dan Perundungan

Korban mengaku kerap mendapatkan perundungan dan pelecehan seksual sesama pria dari rekan kerjanya yang juga pegawai KPI. Terparah, korban ditelanjangi, dilecehkan dan difoto.

"Kejadian itu membuat saya trauma dan kehilangan kestabilan emosi. Kok bisa pelecehan jahat macam begini terjadi di KPI Pusat?" demikian keterangan tertulis dari korban, Kamis (1/9/2021).

Lihat juga video 'Selebgram Ini Polisikan Atta Halilintar KW atas Dugaan Pelecehan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.