Petugas PAM Periksa Saluran di Jl Pademangan III yang 2 Pekan Gangguan

Athika Rahma - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 15:56 WIB
Petugas PAM mengecek saluran air bersih di Jl Pademangan III, Pademangan Timur, Jakarta Utara yang rusak.
Petugas PAM mengecek saluran air bersih di Jl Pademangan III, Pademangan Timur, Jakarta Utara, yang rusak. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Warga Jl Pademangan III, Pademangan Timur, Jakarta Utara, mengeluhkan sulitnya mengakses air bersih dua minggu terakhir. Beberapa petugas Perusahaan Air Minum (PAM) datang ke lokasi untuk mengecek saluran air bersih.

Dilihat detikcom, Rabu (1/9/2021), para petugas PAM tampak menggunakan topi kuning dan rompi hijau dan berdiri di lokasi proyek pembangunan gorong-gorong.

Tak banyak dari mereka yang datang, sekitar 3-4 orang petugas PAM. Mereka berjaga di sekitar gorong-gorong. Belum ada aktivitas perbaikan yang mereka lakukan.

"Iya, sedang benerin saluran air di sini," ujar seorang petugas kepada detikcom.

Gangguan Diduga karena Proyek Got

Seorang warga penjual bahan bangunan mengaku kesulitan air selama berhari-hari gegara pembangunan drainase. Menurutnya, ini sudah terlalu lama. "Saya sampai beli terus air bersih, buat berhari-hari," ujarnya.

Dulu, got di sini kecil dan kurang bisa menampung banyak air. Kini, got diperbesar. "Dulu kecil, ini lagi dibenerin lagi dengan beton yang lebih besar," katanya.

Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Proyek gorong-gorong tersebut, menurut mandor proyek bernama Rusdi (38), baru dilakukan selama 1 bulan, yaitu di awal Agustus lalu. Ditargetkan, pembangunannya rampung dalam 3 bulan.

Gorong-gorong yang tadinya sempit diganti dengan beton U-ditch agar aliran airnya lebih lancar. Meski begitu, pembangunan ini membuat warga kesusahan mendapat air bersih sampai mereka harus membeli air setiap hari.

(aik/aik)